Software Drum MIDI EZ Drummer

Geliat musik Indonesia semakin semarak. Sebenarnya banyak sekali musisi di Indonesia yang belum terekspose. Banyak sekali individu Indonesia yang memiliki bakat bermusik dan ingin mewujudkan imaginasinya menjadi karya musik yang bisa didengar oleh khalayak ramai.

Akhir akhir ini banyak sekali band-band baru bermunculan. Di Youtube banyak anda jumpai gitaris dan musisi lainnya yang mulai unjuk gigi. Di era teknology canggih ini tidak ada lagi batasan/hambatan dalam mempublikasikan karya seni.

Kebanyakan remaja Indonesia menyukai format Band, bermain musik bersama teman teman. Banyak juga dari mereka yang kemudian menciptakan lagu sendiri. Kemudian, mereka mencari studio rekaman untuk membuat demo rekaman lagu band mereka. Namun, lagi lagi kendala warga Indonesia adalah masalah uang sehingga hanya band band yang memiliki dana cukup saja yang mampu merekam lagu mereka dengan membayar biaya yang tidak murah untuk merekamnya.

Namun, perkembangan teknology yang semakin canggih namun juga semakin murah dan terjangkau, tidak membutuhkan dana yang besar untuk membuat demo rekaman. Cukup komputer, atau laptop, dan instrument musik yang digunakan. Instrument musik yang digunakan pun tidak harus dimiliki semua karena seperti piano, organ, keyboard, drum, gitar, dan lainnya sudah diwakili dengan MIDI. Apa itu MIDI? MIDI adalah singkatan dari Musical Instrument Digital Interface. Gampangnya adalah, suara alat musik dibuat digital, sehingga bisa dimainkan secara instan tanpa memiliki atau memainkan alat musik beneran.

Ternyata Introductionnya kebanyakan dan tidak terlalu terkait dengan EZ Drummer :D.

Nah, salah satu MIDI yang sangat penting adalah MIDI untuk Drum. Kenapa Drum? karena kebanyakan band band anak muda sekolahan smp sma hingga mahasiswa baru memiliki peralatan yang cukup lengkap. Gitar misalnya, gitar merupakan alat musik yang harganya cukup terjangkau. Yang biasanya tidak dimiliki oleh band band dengan keuangan pas pasan adalah Drum karena drum harganya lumayan tinggi, gak cukup ngamen sebulan buat bisa beli drum. :D

Bagaimana dengan Keyboard? bisa diwakili dengan MIDI, bass? bisa juga :D.

Apakah gitar juga bisa diwakili dengan MIDI? bisa. Namun, hasilnya tidak akan sebagus kalau dimainkan sendiri karena gitar merupakan alat musik yang dinamis. Kalau mau pakai teknik pull off? hammer on? harmonic? vibrato? bending? nah. .sebenarnya memang bisa diwakili dengan midi dengan beberapa setingan untuk pull off dan lain sebagainya yang bisa diedit menggunakan software seperti guitar Pro. namun hasilnya tetap tidak cantik :).

Kembali ke Drum. Jika harga drum set mahal, tidak usah khawatir karena ada versi MIDI nya yang suaranya sudah humanize atau muirip aslinya :D. MIDI untuk Drum yang saya tawarkan di sini adalah EZ Drummer. Dengan EZ Drummer ini anda bisa meracik suara drum sesuai keinginan anda. Lihat screenshot Ez Drummer:

Zemanta Related Posts ThumbnailMengapa sebaiknya menggunakan MIDI Drum? mengapa tidak rekaman langsung aja di studio rekaman secara live?

Begini bro problemnya. Iya kalau ente adalah musisi atau drummer huebat yang berlatih secara profesional menggunakan metronome untuk mengatur temponya. Bagi yang berlatih drum dengan menyewa studio latihan band per jam, maka dipastikan akan mengalami kesulitan saat rekaman karena tidak bisa mempertahankan tempo. Secara tidak sadar tempo yang anda mainkan pasti naik turun. Nah kalau pas rekaman ternyata tempo naik turun kadang cepat tiba tiba melambat karena capek dan lainnya, maka rekaman diulang dan diulang lagi. Lalu, mau diulang sampai kapan? sampai bisa? ini bukan latihan bro, tapi pas lagi rekaman, ujung ujungnya yang pembayaran membengkak :( kasihan sekali.. :D

Atasi masalah tersebut dengan MIDI saja. Jadi begini konsepnya. Suara DRUM nya dibuat dengan MIDI, suara gitar dan bassnya bisa direkam manual. Dengan demikian komposisi akan lebih mudah dan tidak mahal. Efek gitarnya bisa pakai Guitar Rig 5. Kalau ada suara keyboard juga bisa diwakili dengan MIDI juga.

Wah, penjelasan udah mulai ngelantur dan tidak nyambung :D. Udah, tanpa panjang lebar, download aja EZ Drummer nya. Untuk penjelasan lain lainnya saya tulis di postingan lain aja deh :D. Ini Link download nya:

 

DOWNLOAD

[otw_is sidebar=otw-sidebar-1]

Cara Menggunakan EzDrummer

DMCA.com Protection Status

Incoming search terms:

2 thoughts on “Software Drum MIDI EZ Drummer

  1. mas mau tanya, saya sudah install ezdrummer nya.. saya instal dan buka di ableton live 9..
    ezdrummer berhasul dibuka namun suara tidak keluar, saya coba di komputer lain jg ga keluar suara drumnya.. apa ada langkah yang saya lewatkan? mohon bantuannya suhu..

    • EzDrummer nunggu load file mp3nya dulu sebelum bisa digunakan. Jika tetap saja tidak bisa digunakan, maka coba check di software files nya ezdrummer tempat kamu instal tuh ezdrummer. lihat koleksi drum mp3nya ada gak.. kalau gak ada berarti installnya gak komplit. itu adalah salah satu penyebab. solusinya adalah secara manual menaruh (copy paste) file mp3 drum ezdrummer dari yang sudah berhasil diinstall lalu di taruh difolder yang gagal install. Kalau ada waktu saya buatkan tutorial cara pakai ezdrummer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>