Bagian bagian gitar akustik

Bagian Bagian Gitar Akustik, Listrik – Gambar & Fungsi

Penting bagi anda yang belajar tentang gitar untuk mengetahui gitar secara spesifik. Mengapa harus tahu? ada saatnya saat anda berbincang dengan rekan yang juga memiliki hobby yang sama yaitu bermain gitar, agar bisa nyambung antara istilah yang dipakai oleh satu sama lain, maka mengetahui nama nama bagian tersebut adalah wajib.

Terlebih lagi bila anda adalah seorang guru atau pengajar gitar, maka sangat diharuskan anda menguasai nama nama bagian bagain gitar tersebut agar anda dapat mengajarkannya kepada murid anda. Tidak lucu kan kalau anda sebagai pengajar gitarnya justru tidak tau nama nama anatomi gitar.

Saya yakin sebagian besar anda sudah mengetahui beberapa nama komponen gitar, baik akustik maupun elektrik. Tetapi, pada gambar berikut, anda dapat mengetahui lebih banyak lagi nama nama tersebut.

Informasi ini akan sangat bermanfaat bagi anda baik pemula maupun yang sudah advanced tetapi kebetulan belum mengetaui nama nama piranti gitar secara khusus.

Bukan berarti orang yang sudah jago bermain gitar lantas mengetahui nama semua bagian karena kenyataannya banyak sekali orang yang mahir bermain gitar dengan cara belajar secara otodidak baik melalui buku buku latihan belajar gitar, belajar dari teman, maupun belajar dari video tutorial belajar gitar.

Piranti Gitar Akustik / Klasik

Gitar akustik, secara umum, memang memiliki bagian yang sama dengan gitar listrik, namun, terdapat beberapa bagian tertentu yang tidak terdapat di gitar akustik. Gitar listrik adalah dasar, dimana hampir setiap orang yang belajar gitar, pasti terlebih dahulu belajar gitar akustik.

Kenalilah elemen nya dengan baik dengan melihat anatomi atau bagan atau bisa juga disebut diagram gitar akustik berikut ini:

Bagian bagian gitar akustik

Item gitar akustik pada gambar diatas memang ditulis dalam bahasa Inggris karena memang tidak memiliki nama Indonesia. Ya, itu wajar karena gitar bukanlah alat musik asli Indonesia. Coba saja baca sejarah gitar akustik di wikipedia: Sejarah Gitar Akustik.

Bagian bagian Gitar Listrik / Elektrik

Setelah menyimak piranti gitar akustik, sekarang kita fokus ke komponen gitar listrik atau elektrik. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kedua jenis gitar ini memiliki kesamaan dan hanya beberapa perbedaan.

Model gitar mempengaruhi jumlah bagian pada gitar, misalnya, pada gitar akustik yang tidak membutuhkan ikat untuk meminggul gitar, maka disitu tidak ada Strap Pin.

Bagian gitar yang khas selalu ada pada gitar listrik adalah: Pickups, handle, pickup selector switch, dan volume & tone knobs.

bagian bagian gitar elektrik

Namun demikian, pada beberapa gitar akustik yang sudah dimodifikasi agar menghasilkan suara yang lebih keras melalui amplifier biasanya sudah terpasang beberapa perangkat seperti layaknya gitar listrik.

Jika anda adalah seorang luthier atau pembuat gitar, mungkin anda butuh membaca beberapa referensi cara membuat gitar menggunakan beberapa blue print desain gitar secara mendetil.

Kelebihan gitar listrik dibandingkan gitar akustik adalah gitar elektrik dapat ditambahi efek gitar, bisa manual ataupun digital. Berikut adalah: beberapa efek gitar computer.

satu hal lainnya yang berbeda adalah senar yang digunakan. Senar gitar akustik tidak bisa dipasang untuk gitar elektrik. Jika anda lakukan, maka bunyi yang dihasilkan tidak akan maksimal. Senar gitar elektrik dibuat dengan bahan khusus sehingga getarannya dapat ditangkap oleh pickups dengan baik.

Anda mungkin butuh membaca:

Belajar Melodi Gitar
Latihan Senam Jari Gitar
Skala gitar untuk eksplorasi melodi

Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Leave a Reply