Urutan Senar gitar

Urutan Senar Gitar Untuk Stem Nada Agar Bagus

Urutan Senar gitar adalah (6)E–(5)A–(4)D–(3)G–(2)B–(1)E. Tangga nada gitar tersebut adalah urutan sesuai senar mulai yang paling besar dan tebal yaitu nomor 6 dengan nada E rendah, hingga ke senar paling kecil dan tipis yaitu senar nomor 1 dengan nada E tinggi. Itulah urutan Senar gitar yang bisa kamu gunakan untuk menstem gitarmu. Itu adalah urutan standar.

Urutan Senar gitar
Urutan Senar gitar

Urutan senar gitar akustik

Senar gitar akustik yang standar atau yang sering kita temui di sekitar kita memiliki steman urutan senar gitar yang umum yaitu seperti diatas dimana diawali dan diakhiri dengan nada E. Lihatlah contoh gambar diatas.

Dengan bantuan gambar tersebut, anda bisa mengurutkan senar gitar mulai dari yang paling besar sampai yang paling kecil berdasarkan susunan di gambar di atas. Masing masing senar sudah diberi label E A D G B E. Begitu pula drayer atau alat pengulir atau penggulung senar gitar. Pasangkan masing-masing senar pada ulirnya sehingga tidak salah posisi dan tidak membingungkan pada saat menyetem gitar.

Urutan senar gitar nylon / nilon

Bagaimana dengan urusan senar gitar nilon? Sebenarnya secara nada sama saja yaitu EADGBE. Cuman bedanya gitar nilon memakai dawai dari senar nilon seperti senar pancing. Gitar semacam ini adalah untuk permainan musik classic. Sementara, senar string cenderung lebih modern dengan suara yang lebih renyah.

urutan senar gitar fender

Pernah pula ada yang tanya bagaimana dengan gitar fender? Sama saja. Fender hanyalah merek gitar. Selama gitar itu standar maka urutan senar nya adalah EADGBE.

Kalau kamu tertarik mengetahui model model seteman atau urutan senar gitar yang lain, baca ini:

Berbagai macam model stem gitar

Selamat membaca. Selamat belajar. Terimakasih.

Salam.

Musisi.org

Leave a Reply