Video cara suara gitar melengking dan cara suara gitar menjerit

Cara suara gitar melengking dan cara suara gitar menjerit adalah salah satu skill keterampilan bermain gitar yang wajib dikuasai oleh seorang gitaris lead, khususnya mereka yang suka aliran rock dan metal karena teknik suara gitar melengking ini adalah salah satu ciri khas permainan gitar metal. Dengan kamu bisa memainkan teknik suara gitar melengking atau menjerit tentunya akan menambah rasa percaya diri kamu sebagai seorang gitaris dan orang orang yang menonton permainan gitar kamu baik teman saudara pacar atau audience dalam sebuah konser musik ataupun parade atau festival musik berteriak wow! pada kamu!

Apa sih sebenarnya cara suara gitar melengking dan cara suara gitar menjerit itu?

Efek suara gitar melengking itu sebenarnya ada dua jenis yang dihasilkan dengan teknik berbeda beda. Intinya adalah membunyikan nada yang sangat tinggi sehingga terdengar melengking. Berikutnya yang membuat nada tinggi itu terdengar semakin melengking atau terdengar seperti menjerit adalah menggunakan beberapa teknik gitar khusus. Diantaranya adalah:

Video cara suara gitar melengking dan cara suara gitar menjerit

1. Pinch Harmonics

Pinch harmonics adalah sebuah teknik permainan gitar untuk menghasilkan suara gitar yang menjerit dengan cara memetik senar gitar pada sebuah fret tertentu dimana teknik pickingnya adalah dengan memetik dan kemudian menabrakkan bagian tepi kulit jempol yang memegang pick gitar. Logikanya adalah setelah senar digetarkan oleh pick, senar yang masih bergetar itu kemudian menabrak tepian jempol yang lokasi pemetikan dan menempelnya senar ke jempol adalah di daerah sekitar pick up, sehingga nada yang dihasilkan adalah nada tinggi. Dan, suara akan menjadi menjerit ketika anda juga melakukan bending dan sedikit vibra dengan jari tangan kiri yang memencet fretnya. Untuk lebih mantapnya, silakan tonton video teknik cara gitar suara menjerit berikut ini, teknik gitar pinch harmonics.

2. Whammy Bar

Teknik gitar suara melengking dan menjerit juga bisa dilakukan dengan teknik Whammy bar. Teknik whammy bar adalah teknik dimana kamu melakukan tapping pada senar di fret fret yang mudah menjadi harmonics atau suara nada tinggi. Biasanya di fret fret yang ada tanda titiknya pada gitar. Yang paling mudah adalah para fret nomor 4, 5,7,9, 12. Setelah dipukul kecil, senar akan menghasilkan suara nada tinggi lalu bisa kamu tarik handel gitar kamu naik dan turun up and down untuk membuat nada tersebut menjadi semakin melengking dan menjerit bahkan bisa mengahasilkan seperti suara kuda yang menjerit. Tentunya kamu harus menggunakan gitar yang menggunakan tremolo up down, jangan yang semi yaitu hanya down saja. Juga, kamu harus menggunakan efek gitar distorsi agar dapat menghasilkan bunyi yang kuat dan bisa menghasilkan lengkingan gitar yang panjang dan keras. Berikut adalah videonya, silakan tonton dengan seksama. Agak sabar ya nonton video berikut ini, sebab si penutur suka sambil bercanda dan agak kebanyakan, namun demikian, dia mengajarkan teknik whammy bar dengan sangat sempurna.

Tags: #cara suara gitar melengking

author
Author: 
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson.
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print.
    8 Tips membeli gitar baru
    8 Tips membeli gitar baru
    8 Tips membeli gitar baru ini akan
    Mau belajar gitar jazz? pahami dulu kunci/chord jazz berikut
    Mau belajar gitar jazz? pahami dulu kunci/chord jazz berikut
    Mau belajar gitar jazz? pengen bisa memainkan
    1. 5 teknik suara gitar aneh dan ajaib | musisi.org2 years ago

      […] Video cara suara gitar melengking dan menjerit […]

      Reply

    Leave a reply "Video cara suara gitar melengking dan cara suara gitar menjerit"

    Must read×

    Top