Tips Membuat Gitar Custom

In Gitar

Harga gitar original begitu mahalnya yang tidak terjangkau oleh kebanyakan gitaris di Indonesia. Harga gitar seperti merek fender, gibson, ibanez, apalagi PRS dan Musicman begitu mahalnya. Kalau sudah begitu, jalan keluarnya adalah dengan membuat gitar sendiri atau lebih dikenal dengan membuat gitar custom. Alasan membuat gitar custom pun beragam, ada yang memang benar-benar ingin membuat model gitar dengan design yang dibuat sendiri, atau karena ingin memiliki tiruan gitar yang mirip dengan gitar aslinya dikarenakan keterbatasan biaya. Nah, untuk membuat gitar custom ini anda sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum anda menyesal. Kenapa harus hati-hati dan takut menyesal? ya, karena faktanya banyak dari mereka yang telah memesan gitar custom tapi kemudian kecewa dengan hasilnya. Maka, perhatikan baik-baik hal berikut ini (tips membuat gitar custom):

1. Jenis Kayu yang digunakan gitar custom.

Berhati-hatilah dengan jenis kayu yang digunakan, sebelum memesan gitar, alangkah baiknya anda pastikan dulu kayu apa yang ingin anda pakai untuk body ataupun untuk necknya. Mengapa demikian? ada beberapa hal yang penting berkaitan dengan jenis kayu. Jenis kayu berpengaruh pada suara dan sustain yang dihasilkan. Kayu juga berpengaruh pada berat gitar, jika terlalu berat, maka akan menyusahkan anda untuk menggunakannya. Kenapa ini saya tekankan? karena saya punya pengalaman memesan gitar custom yang tidak saya perhatikan jenis kayunya, sehingga gitar custom yang saya pesan begitu berat, dan tenyata sustainnya pun tidak panjang.

2. Teknik Pengukuran dan Precisi gitar custom

Jika anda memesan gitar tiruan dari versi asli yang anda kagumi, maka kenalilah teknik pengukuran yang digunakan oleh si Luthier yang anda percaya untuk membuat gitar anda. Ini karena banyak sekali Luthier yang tidak begitu mengenal ukuran standar gitar versi asli yang anda pesan. Jika sampai salah ukur dan salam komposisi, maka body dan ukuran gitar yang anda pesanpun bisa jadi mengecewakan. Percayailah Luthier (pembuat gitar) yang memiliki peralatan canggih dan lengkap dan mempunyai referensi yang baik, jangan percaya yang tidak lengkap dan canggih peralatannya.

3. Teknik dan alat Pewarnaan gitar custom

Perhatikan teknik dan alat pewarnaan yang digunakan oleh si pembuat gitar. Lihat dari contoh-contoh yang pernah dia kerjakan. apakah  finishing warnanya bagus, apakah dia menggunakan cat yang memang digunakan untuk pewarna body gitar, ataukah hanya menggunakan warna sembarangan. Ini sering terjadi dilakukan oleh pembuat gitar yang tidak jelas, yang baru pemula dan tidak tau apa apa tentang pewarnaan. Saya beri contohnya, gitar PRS melilik strip / kesan coretan garis garis terang seperti pada PRS CUSTOM 24, mestinya menggunakan Mapple Flame yang memang menggunakan ruas kayu sehingga terjadi efek garis-garis. Banyak pembuat gitar amatir yang justru membuat garis garis tersebut hanya dengan menembak dengan cat brush membentuk garis. Padahal teknik pewarnaannya sungguh berbeda jauh. Maka hasilnya pun sangat mengecewakan. Berikutnya adalah untuk furnish. Pastikan furnishnya kualitas bagus, jika tidak, furnish tersebut cenderung lengket dan mudah mengelupas.

4. Pick-Up gitar custom

Pilihlah pick-up sesuai dengan kebutuhan anda, dan otomatis, anda harus tahu dan kenal banget dengan pick-up yang anda ingin pasang untuk gitar anda. JANGAN PERNAH menyerahkan sepenuhnya pada si pembuat gitar untuk menentukan pick-up apa yang harus digunakan, sebab banyak luthier yang nakal, mereka memberi anda pick-up asal asalan sehingga bunyinya pun tidak nyaring dan tidak peka.

5. Jarak Antar senar

Perhatikan jarak antar senar, pastikan pas dengan jari jari anda. Dan ada satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pembuat gitar amatir, yaitu jarak antara senar nomor satu dengan pinggiran neck terlalu dekat. Hal ini menjadikan senar gitar loncat atau ketarik sehingga ketarik ke pinggiran neck dan membentur kayu alhasil berbunyi nggembret, ini sangat mengganggu sekali. Jadi, semestinya antara senar nomor satu dengan pinggiran neck harus ada jarak yang cukup sehingga senar tidak mudah tertarik keluar fret. Ini sering terjadi, jadi, perhatikanlah dan berhati-hatilah. Ingatkan pembuat gitar anda sebelum ini terjadi. Saya pernah mengalaminya, jadi berhati-hatilah.

6. Gudang / Tempat pembuatan gitar custom.

Jangan sekali-kali anda percaya pada pembuat gitar yang tidak memiliki Gudang/ tempat pembuatan gitar, itu berarti mereka masih amatir. Jika anda mau pesan gitar custom online, maka pastikan mereka menampilkan gitar gitar yang telah dibuat, terdapat video / photo tempat mereka membuat gitar tersebut. Lihat profilnya di website atau blognya. Jangan hanya percaya pada pembuat gitar yang tidak jelas cuma mengiklankan gitar custom di kaskus. Sebaiknya, datangi langsung tempat pembuatannya, dan sering seringlah mengkontrol progress pembuatannya.

7. Fret Gitar custom

Perhatikan dengan benar fret gitarnya. Jangan sampai fret gitarnya dipasang terlalu menonjol karena jika fret gitar terlalu menonjol dan tampak besar, justru akan membuat tidak nyaman bagi jari kita untuk menekan senar di tiap fretnya. Kenapa demikian, karena jarak fret yang terlalu tebal itu berarti semakin jauh jarak senar dari permukaan neck gitar, dan itu berarti semakin berat untuk menekan. Anda jangan malah tertipu bahwa kalau gitar baru itu fretnya masih bagus dan masih tebal, itu samasekali salah. Jika anda perhatikan, gitar original seperti Ibanez yang masih baru, tidak menggunakan fret yang tebal, tetapi agak tipis dan pas, sehingga jarak antara senar dan permukaan neck tidak terlalu jauh dan dapat memudahkan anda menekan dan terasa lebih empuk. Jika tenyata gitar custom anda menggunakan fret yang tebal tebal, maka bisa dipastikan jari jari anda akan terasa seperti ditusuk tusuk jarum saat memencet senar pada fretnya. Para pembuat gitar custom amatir, sering tidak memperhatikan hal ini.

8. Neck Lurus

Neck haruslah lurus, tidak sedikitpun bengkok. Jadi anda harus mengecek gitar custom anda apakah necknya sudah lurus atau belum. Jika sedikit saja bengkok, maka yang terjadi adalah Fretting yaitu misalkan anda membunyikan nada pada fret ke tiga, ternyata senar juga menyentuh pada fret ke 5 sehinga terdapat bunyi yang menabrak, tidak bisa nyaring, hal ini karena adanya bengkokan tersebut. Dan bengkokan tersebut akan menghasilkan fretting yang lebih parah apabila didukung dengan besi fret yang tebal tebal. Nah, dengan demikian anda harus memastikan bahwa neck gitar custom anda terdapat besi didalamnya supaya bisa diluruskan kembali apabila suatu saat neck gitarnya sedikit bengkok. anda perlu kunci L untuk meluruskannya.

Saya kira demikian dulu tips membuat gitar custom dari musisi.org. Jika ada masukan silakan ditambahkan pada komentar untuk memperbaiki artikel ini, dan untuk memastikan teman gitaris kita tidak sampai terjerumus pada penyesalan setelah gagal membuat gitar custom sesuai impiannya.

Incoming search terms:

  • cara membuat gitar
  • cara membuat gitar sendiri
  • cara buat gitar
  • Membuat Gitar
  • cara bikin gitar
  • membuat gitar sendiri
  • artikel cara membuat gitar sendiri
  • artikel cara membuat gitar
  • gitar custom
  • cara pembuatan gitar

Tags: #gitar custom #gitar custom fender #gitar custom ibanez #kayu gitar kustom #mapple flame gitar custom #membuat gitar custom #membuat gitar sendiri #pesan gitar #tips membuat gitar custom

author
Author: 
    Latihan gitar cepat dengan skala chromatic
    Latihan gitar cepat dengan skala chromatic
    Latihan gitar cepat dengan skala chromatic. Kalau
    40 Teknik Melodi Gitar Yang Wajib Dikuasai Dengan Video dan Gambar
    40 Teknik Melodi Gitar Yang Wajib Dikuasai Dengan Video dan Gambar
    Belajarlah secara lengkap teknik melodi gitar sebagai
    Buku belajar gitar dilengkapi dengan cd
    Buku belajar gitar dilengkapi dengan cd
    Incoming search terms:buku belajar blu
    1. author

      shreek4 years ago

      thx gan, artikel yg sngat membantu.

      Reply
    2. Serunya punya gitar elektrik fender stratocaster usang | musisi.org2 years ago

      […] Tips memilih gitar baru         Cara memilih gitar akustik Tips membuat gitar custom     Tempat pesan gitar […]

      Reply

    Leave a reply "Tips Membuat Gitar Custom"

    Must read×

    Top