Speed Picking Tips

In Gitar

Speed picking Tips ini diharapkan akan bermanfaat bagi para gitaris yang mendambakan petikan gitar dengan cepat. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan bermain gitar dengan cepat atau yang lebih dikenal dengan fast picking atau speed picking banyak didambakan oleh gitaris di tanah air dan di seluruh dunia. Biasanya, bagi para pemula, mereka mengeneralisasi bahwa yang namanya gitaris jagoan adalah gitaris yang bisa bermain cepat. Meskipun, sebenarnya, ukuran hebat tidaknya gitaris tidak hanya ditentukan oleh keterampilan speed guitarnya saja,  tetapi ada banyak hal seperti manisnya melody, harmoni, dan lainnya. Oke, pada artikel ini kita fokus saja pada cara menguasai fast picking.

Speed Picking Tips

Untuk menguasai fast picking, anda perlu membutuhkan dan melakukan hal-hal berikut ini:

1. Kedisiplinan

Anda harus disiplin dalam melatih jari jari anda (jari pada tangan kanan dan kiri) dengan mengikuti langkah langkah yang telah disarankan. Tanpa kedisiplinan menjalani latihan langkah demi langkah, anda akan kehilangan beberapa langkah yang justru itu akan menghambat kualitas dan progres latihan fast picking gitar anda. Disiplin dalam latihan fast picking gitar ini meliputi disiplin teknik dan disiplin waktu. Disiplin teknik artinya anda mengikuti latihan sesuai prosedur sedangkan disiplin waktu adalah kaitannya dengan jadwal latihan yang telah ditentukan, tidak dipercepat dan tidak diperlambat. Nah, kedisiplinan ini kaitannya adalah dengan Kesabaran.

Untuk masalah waktu / jadwal latihan. Orang orang yang belajar ataupun yang telah pengalaman belajar gitar memiliki gaya masing-masing. Ada yang suka belajar gitar berdasarkan jadwal yang fix / tetap, ada juga yang belajar pada saat ida mood saja. Namun demikian, masing-masing pilihan waktu belajar tersebut memiliki kelemahan dan kelebian masing-masing. Kelebihan waktu belajar secara terjadwal adalah anda memiliki waktu yang pasti untuk belajar.

Dengan komitmen yang baik berarti anda tidak membuang waktu anda untuk kegiatan yang lain dan tentunya semakin banyak waktu yang ada sediakan untuk belatih gitar, semakin cepat progress yang anda capai. Namun kelemahannya adalah ketika anda sedang capek dan sebenarnya tidak ingin memegang gitar, justru kualitas belajar gitar anda menjadi tidak maksimal atau tidak berkualitas dan tentunya tidak mendukung pada peningkatan skill. Kelebihan Belajar dengan waktu yang flexible atau sesuai dengan mood adalah anda bisa relax dalam belajar, sehingga anda belajar secara natural, dan biasanya progressnya lebih bagus. Akan tetapi kelemahannya adalah, jika mood belajar gitar tak kunjung datang, maka anda akan cenderung menunda dan menunda dan progress anda tidak kunjung meningkat. Sekarang, anda tahu kan mana yang harus anda lakukan?

2. Kesabaran

Apa yang terjadi bila anda tidak sabar dalam menjalani latihan gitar dengan disiplin? ketidaksabaran anda akan membuat anda ingin cepat menguasai fast picking gitar hanya akan memperburuk skill picking anda. Kenapa demikian? jika anda tidak sabar, maka otomatis anda ingin cepat bisa, dan ketika anda bisa sedikit, anda akan merasa sudah bisa banyak dan mau lanjut ke tahap berikutnya. Padahal, anda belum menguasai sebuah langkah permainan fast guitar picking secara benar benar mendalam.

Benar-benar mendalam maksudnya adalah fisik anda yaitu jari-jari pada tangan kanan dan kiri anda belum begitu sinkron dengan fikiran anda sehingga refleknya belum terbentuk dengan baik. Hal tersebut justru akan membuat kemampuan dasar anda hanya setengah setengah, dan akan mengalami banyak kesulitan pada level yang lebih berat. Saya berkata demikian karena saya sendiri pernah mengalaminya betapa ketidaksabaran saya justru menghambat peningkatan skill permainan gitar saya. Kalau saya boleh bilang, musik itu lebih ke mental, jadi harus sabar dan relax.

3. Accuracy

Akurasi menjadi kunci utama pada proses menguasai fast picking. Namun demikian, akurasi perlu didukung oleh kedisiplinan, kesabaran, dan konsentrasi. Setelah akurasi terbentuk, maka secara tidak langsung dan tidak anda sadari speed / fast picking sudah berada dalam diri anda. Untuk melatih akurasi, anda butuh konsentrasi. Bagaimanakah penerapannya? simak penjelasan berikut untuk langkah lebih detilnya:

Melatih Sinkronisasi Jari tangan kiri dan petikan oleh tangan kanan.

Petik senar nomor 6 pada fret 1-2-3-4 secara berurutan menggunakan petikan Up dan Down (atas dan bawah). Fret 1 (UP) 2 (down) 3 (Up) 4 (down). Lakukan dengan pelan pelan. Tekan fret dengan penuh tenaga. Pastikan semuanya akurat. artinya akurat adalah satu nada satu petikan, jangan sampai satu nada dua petikan. Biasanya, anda akan tidak sabar dan terpancing untuk melakukannya dengan cepat. Jika itu anda lakukan, maka tidak akan terjadi keselarasan mental dengan fisik anda. Yaitu, keselarasan antara apa yang anda tekan (jari tangan kiri), lalu apa yang anda gunakan untuk memetik (tangan kanan), dan nada yang anda kehendaki (di otak anda). Kalau sudah demikian, yang terjadi adalah biasanya dalam 4 nada tersebut anda memetiknya sebanyak 5 kali.  Padahal mestinya anda membuyikan 4 nada yang berasal dari 4 pejetan fret dan empat petikan pada senar yang sama.Dan biasanya juga pickingnya akan nyangkut nyangkut gak karuan.

Hal tersebut merupakan hal buruk yang tidak boleh dijadikan kebiasaan. Tetapi sayangnya, banyak sekali rekan rekan gitaris yang pengen cepat bisa tetapi malah menderita kegagalan. Termasuk saya saat itu :D. Tapi saya akhirnya menyadarinya dan mulai berlatih dari awal lagi dengan disiplin dan sabar.

Lakukanlah dengan Sabar, disiplin, dan akurat. Maka anda akan membangun keselarasan antara Kekuatan, Kecepatan, dan Ketepatan. Kekuatan tercipta saat anda memejet dengan kuat fret fret yang ingin dibunyikan. Kecepatan tercipta ketika anda sudah kuat memejet fret dengan benar dan memegang hingga memetik senar dengan akurat. Ketepatan adalah kesamaan antara apa yang anda ingin bunyikan dengan apa yang anda petik.

Saya kira sekian dulu pembahasan saya pada speed guitar. Bahasaan ini lebih pada teori dan dasar yang jika tidak anda pahami dan taati, maka latihan anda akan tidak terarah dengan baik. untuk model model latihan untuk melatih akurasi dan speed akan saya sampaikan pada postingan berikutnya.

[socialpoll id=”2178585″]

Incoming search terms:

  • cara melatih picking
  • latihan picking
  • cara melatih speed picking
  • cara picking cepat
  • melatih speed picking
  • picking cepat
  • belajar speed picking gitar
  • tips speed picking gitar
  • belajar speed picking
  • apakah saya bisa gitar speed

Tags: #cara menguasai fast picking #speed picking exercises #speed picking techniques #speed picking tips

author
Author: 
    software gitar akustik Spicy Guitar
    software gitar akustik Spicy Guitar
    Spicy Guitar  adalah software gitar akustik gratisan
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson.
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print.

    Leave a reply "Speed Picking Tips"

    Must read×

    Top