Posisi badan tangan dan kaki yang baik saat bermain piano

Posisi badan tangan dan kaki yang baik saat bermain piano. Musisi.org. Wah, sudah lama nih musisi.org tidak update artikel terbaru. Minggu minggu ini musisi.org lagi seneng senengnya bermain piano. Ya, piano adalah alat musik klasik yang tenar pada jamannya bahkan hingga saat ini.

Membunyikan piano memang sangat mudah, tinggal pencet aja tuts nya. Namun, memainkan piano dengan nada yang indah dan tempo yang teratur sangatlah sulit dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama daripada belajar instrument musik lainnya seperti gitar dan drum.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam mempelajari cara bermain alat musik, salah satunya adalah piano. Salah satu faktor adalah posisi duduk, posisi badan, posisi tangan, posisi lengan, posisi kaki, dan lainnya. Posisi fisik ini sangat mempengaruhi ketahanan dan kenyamanan dalam memainkan sebuah instrument musik.

Pas lagi bermain piano, terasa melelahkan. Itu karena posisi duduk yang tidak tepat. Posisi lengan yang tidak tepat membuat aliran darah yang mengalir ke jari tangan menjadi tidak lancar dan menyebabkan kesemutan sehingga mengganggu permainan piano. Nah, saat mencari referensi posisi terbaik pada saat main piano, ketemulah dengan infographic berikut ini.

Pertama, jari tangan harus dalam posisi melengkung tau kurva seperti yang dicontohkan pada gambar. Dengan posisi tersebut tangan menjadi lebih santai dan relax. Tangan yang tegang membuat permainan piano menjadi tidak lancar.

Kedua, Ibu jari harus tetap lurus dan rileks. untuk para pemula yang belajar bermain piano, memang sering mengalami tegang pada otot otot jari. Salah satu penyebab ketegangan adalah posisi ibu jari atau jempol yang tidak sesuai dengan yang semestinya yaitu lurus dan santai. 

Ketiga, pastikan kepala, leher, dan pinggu tetap lurus. Lihat gambar nomor 3. Posisi demikian memang terlihat seperti kaku, tetapi justru posisi inilah yang terbaik yang dapat membuat seorang pemain piano mampu bertahan lama saat bermain piano.

Keempat, Kaki harus memijak pada sebuah pijakan. Dengan kaki berada diatas pijakan, posisi lutut otomatis membentuk sudut siku siku. Kaki memang harus menapaki pijakan. Kaki yang langsung ke lantai membuat tidak nyaman.

Kelima, jari harus tetap dalam bentuk kurva seperti pada gambar nomor 5, tetapi jangan sampai mencengkeram. Piano itu mudah ditekan dan tidaklah keras, jadi tidak perlu nyampai memejet terlalu keras apalagi sampai seperti mencengkeram. 

Keenam, perhatikan beberapa posisi pada saat bersiap mau main, pada saat bermain, dan pada saat melepas tuts piano. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa pada saat memencet piano, sebenarnya kekuatan tidak berada pada jari tetapi pada lengan. Jika selama ini ketika bermain atau masih sedang belajar bermain piano, anda sering merasakan lelah di jari jari anda, maka bisa jadi sebenarnya anda telah melakukan kesalahan tersebut yaitu memberikan tumpuan tekanan pada jari pada saat menekan tuts piano. 

Ketujuh, masih berhubungan dengan posisi nomor enam. Ketika menekan piano, pergelangan tangan harus tetap lentur dan flexible. 

Kedelapan, posisi jari kelingking harus lurus sejajar dengan lengan. Jangan sampai antara jari kelingking dan lengan membentuk sudut. Posisi tersebut akan membuat otot tidak lurus dan aliran darah pun menjadi tidak lancar. Dan, pastinya menghambat permainan piano. Posisi menekuk seperti ditunjukkan pada gambar ke 8 menyebabkan kesulitan pindah tuts pada lokasi yang lebih jauh. 

Kesembilan, jika ingin memencet note note tinggi dan rendah, yang biasanya terletak jauh sebelah kanan dan jauh sebelah kiri maka anda harus sedikit memutar tubuh anda.

Kesepuluh, yang merupakan bagian yang luar biasa penting dalam bermain piano adalah cara memencet piano menggunakan jari pinky atau jari kelingking. Posisi jari kelingking harus menuju kebawah. Artinya, jari kelingking memencet hanya dengan permukaan kecilnya saja atau permukaan telunjuk, tidak semua bagian jari kelingking digunakan untuk memencet tuts piano. 

Nah, bagi yang mau belajar memainkan piano, sebaiknya perhatikan dengan baik 10 tips yang telah kami bahas. Semoga memberikan manfaat. Jangan lupa Share ke teman dan berkunjung kembali ke musisi.org untuk mendapatkan kabar terbaru dalam belajar bermain musik.

Baca juga artikel menarik tentang bermain piano:

Download PDF kunci piano lengkap untuk pemula
download video tutorial belajar keyboard Pattern Piano and Keyboard Complete Bundle
Download video tutorial belajar keyboard dan piano music jazz Lengkap gratis
Video Tutorial Bermain keyboard dengan Jordan Rudes Keyboardist Dream Theater

Salam, Musisi.org

Incoming search terms:

  • foto posisi tangan memegang piano
  • posisi lengan saat bermain piano
  • posisi tangan dalam bermain piano
  • posisi tangan piano artinya
  • posisi tangan untuk main piano
  • tangan harus lurus saat main piano

Tags: #Posisi badan tangan dan kaki yang baik saat bermain piano

author
Author: 
    Download PDF kunci piano lengkap untuk pemula
    Download PDF kunci piano lengkap untuk pemula
    Download PDF kunci piano lengkap untuk pemula.

    Leave a reply "Posisi badan tangan dan kaki yang baik saat bermain piano"

    Must read×

    Top