palm mute guitar fl studio

In Musik Digital, Software Efek Gitar

Palm mute guitar fl studio. Teknik Damp  atau yang juga sering dikenal dengan teknik Palm Mute adalah teknik menghambat suara resonansi gitar dengan cara menempelkan telapak tangan pada senar gitar sehingga suara gitar serasa terhenti. Nah, teknik ini sering digunakan pada lagu lagu metal dan rock. Namun, pada perkembangannya, teknik ini juga banyak digunakan di lagu lagu alternative dan hampir semua genre musik yang menggunaknan gitar.

Nah, bagi yang suka membuat musik digital, misalkan menggunakan software flstudio, pasti ingin mengaplikasikan teknik ini pada flstudio ketika membuat suara gitar elektrik, pasti ingin tahu bagaimana cara melakukannya. Pada tutorial ini kita akan menggunakan Flslayer yang dapat menunjang tujuan kita. Berikut yang harus anda lakukan:

palm mute guitar fl studio:

1. Pastikan anda sudah menginstal flstudio, dan telah membukanya. Kemudian, bukalah flslayer melalui Channels > add one > fl slayer. berikutnya akan muncul tampilan fl slayer seperti gambar dibawah ini:

fl slayer fl studio

2. Berikutnya, anda buka pada Pattern Sequencer Sequencer. seperti gambar berikut:

fl studio channel sequencer

Jika anda tidak bisa menemukan tampilan ini, bukalah dengan mengaktifkan Pattern sequencer dengan mengklik tombol ini:

channel-sequencer-button-flstudio

3. Setelah muncul Pattern sequencer. Kita akan membuat nada nada gitarnya, yaitu dengan membuka flslayer pada piano roll. Caranya adalah klik kanan pada tombol Slayer, lalu pilih Piano Roll. Perhatikan gambar berikut:

Pastikan piano roll tersebut memang untuk mengedit Flslayer. Untuk memastikannya, lihat bagian atas piano roll, lalu pastikan yang diedit adalah flslayer, bukan kick, ataupun yang lainnya. lihat gambar berikut untuk mengeceknya:

4. Berikutnya, buatlah nada untuk dibuat yang Damp (mute / tertahan ) dan yang release (lepas). Lihat (untuk belajar, ikuti saja) contoh berikut:

Nada seperti yang kita buat diatas ini masih release semuanya, artinya masih dimainkan secara biasa, belum ada efek Damp / Palm Mute.

5. Berikutnya, setelah membuat nada yang akan di mute / Damp dan yang direlease, kita akan membuat agar bisa Damp dan release menggunakan flslayer. Untuk melakukannya, kita harus membuka kembali jendela Flslayer. Nah, karena fl slayer ketutupan dan tidak kelihatan, kita harus menampilkannya kembali. Caranya adalah dengan memanggilnya lewat button Pattern Sequencer, dengan demikian akan muncul Jendela pattern sequencer, lalu  kita klik saja button/ tombol dengan tulisan Slayer, maka akan muncul tampilan flslayer. Kemudian, carilah Knob dengan tanda/ tulisan Damp. Klik kanan, lalu klik Edit events in piano roll. Lihat tampilan berikut:

Secara otomatis, ketika anda telah mengklik Edit events in piano roll, maka anda akan dibawa kembali ke tampilan piano roll. Sebelum mengedit Damp/ palm mute, ada baiknya kita pastikan dulu bahwa yang kita edit benar-benar bagian flslayer Damp agar tidak salah edit. Untuk mengeceknya, lihat gambar berikut:

Nah, ketika sudah pasti, maka kita siap mengedit untuk menghasilkan efek Damp atau Palm mute.

6. Di bagian bawah piano roll akan nampak bagian untuk mengedit Control pada piano roll. Nah, pastikan juga pointer anda berupa pencil ketika berada di area tersebut. Anda bisa mulai membuat efek Damp / palm mute pada masing masing nada. Yang perlu diingat adalah: Semakin tinggi panning, semakin kuat Damp / mute nya, dan semakin rendah panning, semakin release suaranya / semakin rendah Damp atau mutenya. Untuk mengeditnya, tinggal anda klik dan drag sesuai keinginan anda. Untuk latihan, ikuti saja gambar berikut ini:

Dep / Dap, Damp or Palm mute in flstudio using flslayer

Setelah mencobanya, saya yakin anda akan dapat mengimplementasikannya dengan baik 🙂 . Terimakasih, sekian dari kami musisi.org, semoga bermanfaat :). Jika kurang paham dengan tutorial ini, musisi.org juga menyediakan video turoialnya. Lihat video berikut ini:

Incoming search terms:

  • cara membuat suara bass elektrik di fl studio
  • cara membuat suara gitar dengan pluging fl studio
  • membuat efek gitar rock di fl studio 12
  • cara buat lagu dengan fl studio gitar acustik
  • Cara membuat efek tarikan bass di fl studio
  • cara menjalankan fl slayer di studio 12
  • suara gitar accoustic di fl studio
  • teknik bikin gitar d fl studio
  • to palm mute guitar fl studio mobile

Tags: #damp #dap #dep #flslayer #flstudio #palm mute

author
Author: 
    Buku Audio Mastering dengan Cubase
    Buku Audio Mastering dengan Cubase
    cara mastering lagu di wavelab cara mastering
    Guitar Rig 5 Presets Missing
    Guitar Rig 5 Presets Missing
    Guitar Rig is loved by guitarists in
    software untuk membuat musik rock
    software untuk membuat musik rock
    Software untuk membuat musik rock yang paling
    Download Keygen EzDrummer
    Download Keygen EzDrummer
    Download Keygen EzDrummer. Buat kamu yang lagi
    1. author

      syarifudinkakonk4 years ago

      cara dapatkan aplikasi ini

      Reply
      • author

        musisi4 years ago

        Flstudionya apa flslayer?\n\nkalau flstudio, klik aja di (Download) pada halaman paling atas web ini untuk menuju ke blog tempat download flstudio. \nkalau flslayer itu sudah otomatis tersedia di flstudio. \nTerimakasih 🙂

        Reply
    2. author

      ade4 years ago

      gimana caranya supaya slide
      bersuara???

      Reply
      • author

        musisi4 years ago

        Gampang.. misal mau slide nada A ke B lalu balik ke A..maka buat nada A lebih panjang (misal 4 kolom) lalu aktifkan nada B pada kolok ke 2 atau 3. Maka otomatis ada sisa satu kolom (memainkan nada a pada kolom keempat) maka ketika diplayback akan terdengar slide gitar di flstudio. Selamat mencoba..

        Reply
    3. author

      amri3 years ago

      kalo pinch harmonic di slayer gimana caranya ya bang? sebelumnya gw udh coba setting solo fixed / solo dinamic, feedback ama harmonic gw naikin full, slap ama fret nya gw naikin stengah, trus speednya gw mainin jg, tp masih nggak dapat pinch harmonicnya….

      Dimohon petunjuknya bang :'(

      Reply
      • author

        musisi3 years ago

        wah.. agak susah itu mas..\n\ntapi bisa dengan cara yang agak maksa meskipun tidak begitu mirip aslinya. Tekniknya adalah dengan membuka flslayer baru pada channel baru, biar gak numpuk. Misalkan mau pinch harmony nada A maka cari nada A yang agak tinggi di piano roll. Mode pada fl slayer tetap power chord dan dub delay. Lalu buka flslayer baru lagi, tapi set nada A yang lebih tinggi lagi. Ini bertujuan untuk menghasilkan suara ganda karena biasanya pinch harmoni terdapat unsur nada rendah dan tinggi. Setelah itu gunakan pitch bending, kan biasanya saat melakukan pinch harmony juga pakai bending juga. Nah, teknik bendingnya lihat pada tutorial: http://www.youtube.com/watch?v=hOa_a80yxko\n\nsemoga berhasil.

        Reply
    4. author

      Ikhwannur Rahman2 years ago

      permisi bang mau nanya ketika saya membuat nada slide kenapa nada slidenya tidak bersuara?

      Reply
      • author
        Author

        musisi2 years ago

        ditumpukkan antar note nya agar terjadi slide

        Reply

    Leave a reply "palm mute guitar fl studio"

    Must read×

    Top