Mengatasi Noise Pada Guitar Rig

In Gitar, Musik Digital, Software Efek Gitar

Mengatasi noise guitar pada rig. Guitar Rig, Overloud TH1, amplitube, memang bagus untuk main gitar dengan komputer yang sudah disulap menjadi efek gitar, namun, beberapa rekan pengguna efek gitar komputer tersebut sering saja mengalami masalah, mulai yang tidak bunyi hingga noise atau suara kemresek. Nah, kali ini musisi.org akan mencoba mengulas khusus masalah noise. Kita akan membahas bagaimana mengatasi noise guitar rig dan lainnya:

Mengatasi Noise Pada Guitar Rig

Kita akan membahas berdasarkan hal yang berpotensi menjadi penyebab noise guitar rig dan overloud th1 ataupun amplitube berdasarkan pengalaman:

1. Ground saat charging: Biasanya, saat laptop dicharge bareng dengan main guitar rig, akan muncul bunyi noise, itu disebabkan karena ground listrik tidak maksimal. Solusinya:

a. Cara 1. check ground colokan listrik, jika belum ada, buat kabel ground dari colokan ke listrik (biasanya kabel groundnya ada ditepi lubang colokan) ke tanah.

b. Cara 2. siapkan kabel untuk menghubungkan logam yang ada pada CPU atau laptop untuk disambungkan ke tembok / tanah (ground).

c. Cara 3. (paling simple dan lucu 😀 ) , siapkan kabel, konekkan ke tremolo gitar dan ke tubuh anda, misal ke perut 😀 . Jangan kawatir, gak bakal kesetrum kok. dijamin dapat mengatasi noise guitar rig.

d. Cara 4. Siapkan kabel, sambungkan ke tremolo dengan besi buat cantolan selempang gitar, biasanya dipantatnya gitar. 😀

2. Kabel Jelek. Kabel jelek juga bisa bikin noise, jadi periksalah kabel anda, pastikan masih baru dan masih konek dengan lancar, gak perlu diputer puter sana sini atau dilurusin atau di pegang pegang dulu baru bunyi. kabel yang masih bagus gak perlu diotak atik kayak gitu sudah bunyi.

3. Belum pakai Asio4all. jika anda masih menggunakan driver bawaan laptop seperti realtek untuk setting audio and midi pada guitar rig, bisa dipastikan akan ada noise. Jadi, download dan instal, maka masalah basic bisa diatasi termasuk masalah latency atau gitar lambat.

4. Input sound terlalu besar. input sound pada setingan audio input bawaan soundcard anda harusnya kecil saja, jangan terlalu besar karena noisenya akan banyak yang masuk. inputnya dibuat 1 saja gak usah sampai 2 atau 3, apalagi 100. begitu juga setting input pada guitar rig juga jangan terlalu besar agar noisenya tidak bisa masuk. Juga, dapat dibatasi dengan noise gate, tapi jangan besar-besar nanti suaranya jadi pendek gak bisa panjang sustainnya.

Sekiranya itu dulu ulasannya, jika ada perkembangan akan ditambahkan lagi. semoga bermanfaat.

Tags: #amplitube #efek gitar komputer #guitar effect #guitar rig #kemresek #noise guitar rig #overloud th1 #setting guitar rig

author
Author: 
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson.
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print.
    8 Tips membeli gitar baru
    8 Tips membeli gitar baru
    8 Tips membeli gitar baru ini akan

    Leave a reply "Mengatasi Noise Pada Guitar Rig"

    Must read×

    Top