John Paul Ivan Boomerang

In Musisi, Musisi Indonesia, Rock

John Paul Ivan Boomerang

John Paul Ivan adalah mantan (meskipun mantan, saya menganggap Ivan tetaplah gitaris boomerang) gitaris Boomerang. Adalah salah satu gitaris di Indonesia yang memiliki karakter permainan gitar yang sangat kuat. Perlu diakui bahwa memang skill permainan gitar Ivan tidak seperti gitaris-gitaris lainnya. Tentunya, ada banyak gitaris lain yang memiliki skill permainan gitar lebih baik ketimbang skill nya Ivan. Namun, Ivan memiliki ciri khas melody yang manis. Sama halnya dengan Slash Gun’s n Roses. Slash bukanlah gitaris super cepat dengan teknik permainan seperti arpegio, sweep picking, tapping dan lain sebagainya, tapi Slash mampu menciptakan melody yang apik seperti pada lagu Swee child O’mine, November Rain, dan lainnya. Lick gitarnya sangat mudah diingat dan dapat membawa suasana. Bisa dikatakan melody gitar ciptaan Slash adalah Melody Mahal.

Demikian pula John Paul Ivan Boomerang. Ivan menciptakan melody manis yang menjadi ciri khas Boomerang, perhatikan saja melody lagu Pelangi. Siapa yang tak suka melody tersebut? siapapun yang mendengar pertama kali pasti langung jatuh cintrong :D. Dengarkan juga lagu Bawalah Aku. Masih ingat lagu Neraka Jahannam buatan Duo Kribo? Lagu itu menjadi sangat populer dan dikenang masyarakat Indonesia setelah diaransemen ulang oleh Ivan dengan khas efek wah talkbox nya. Bahkan, generasi sekarang, dan beberapa generasi tahun 90an, ketika mendengar lagu Neraka Jahannam, meraka taunya itu adalah lagu dari Boomerang. Padahal aslinya adalah karya Duo Kribo. Itu membuktikan kehebatan Boomerang dalam menciptakan aransemen yang apik.

Ketika Ivan keluar dari Boomerang, entah karena problem apa sebenarnya tentunya mereka sendiri yang tahu, Boomerang sempat diisi oleh Andry Franzy mantan gitaris Power Slaves. Perlu diakui bahwa skill permainan gitar Andry Franzy lebih bagus daripada skill gitar Ivan, dan menurut Roy vocalis Boomerang, hanya Andry yang dapat menggantikan Ivan. Petikan gitar Andry memang terasa lebih advanced dan halus. Teknik arpegionya pun bagus, perhatikan saja melody pada lagu “Aurora” nampak sekali ciri permainan Andry. Namun, itu tidak bertahan lama, hanya menelurkan satu album saja Andry langsung keluar dari Boomerang dan bergabung pada Baladewa. Itu berarti ada ketidak cocokan gaya permainan Andry dengan gaya permainan Boomerang.

The Boomers, para fans Boomerang, menginginkan Ivan kembali pada Boomerang, untuk kembali menghasilkan karya terbaik mereka. Semoga mereka segera Rujuk. 🙂

Salam,

Musisi.org

Tags: #Andry Franzy #arpegio #Aurora #bawalah aku #boomerang #Gun's n Roses #John Paul Ivan #musisi.org #pelangi #Slash #sweep picking #tapping

author
Author: 
    software untuk membuat musik rock
    software untuk membuat musik rock
    Software untuk membuat musik rock yang paling
    Musisi Rock Indonesia: Ian Antono Gitaris GOD BLESS
    Ian Antono adalah seorang gitaris legenda dari
    John Petrucci Rock Discipline
    John Petrucci Rock Discipline
    john petrucci rock discipline Siapa yang tidak

    Leave a reply "John Paul Ivan Boomerang"

    Must read×

    Top