Cara memilih gitar akustik yang baik dan benar

In Gitar

Cara memilih gitar akustik yang baik dan benar harus diketahui oleh seseorang yang hendak membeli gitar akustik karena jika tidak, bisa bisa salah beli dan akan menyesal dikemudian hari. Berdasarkan pengalaman saya, membeli gitar, tidak hanya akustik dipengaruhi oleh beberapa hal dan yang paling sering adalah masalah budgetting. Iya kan? nah biasanya kondisi keuangan kita mempengaruhi keputusan beli kita. Maka, tidak salah bila kita ikuti beberapa hal berikut sebagai tips untuk membeli gitar akustik.

Tips dan Cara memilih gitar akustik yang baik dan benar:

1. Harga Gitar

Tidak bisa dipungkiri, harga gitar bisa menjadi penentu gitar itu bagus atau tidak karena harga tidak pernah bohong. Gitar yang bermerek seperti Yamaha, Ibanez, Gibson, Taylor, dan merek merek gitar akustik terkenal lainnya sudah pasti memiliki kualitas suara gitar akustik yang sangat bagus. Maka, harga gitar akustiknya pun otomatis fantastis, mahal maksudnya :D. Untuk itu, sebelum membeli gitar akustik, nominalkan dulu berapa uang anda. Faktor uang ini merupakan faktor penentu keputusan antara beli dengan yang sesuai dana yang ada, ataukah menahan dulu membeli yaitu menabung dulu untuk membeli gitar akustik idaman anda.

2. Bentuk Gitar dan desain gitar akustik

Berikutnya, anda perlu menentukan mau beli gitar akustik yang bentuk bodynya seperti apa. Bentuk body gitar akustik sendiri sangat beragam. Berikut beberapa gambar perbedaannya. Pilih yang mana yang anda sukai.

Cara memilih gitar akustik yang baik dan benar sebelum membeli perhatikan macam bentuk body gitar akustik

Cara memilih gitar akustik yang baik dan benar sebelum membeli perhatikan macam bentuk body gitar akustik

Gambar di atas menunjukkan beberapa model body gitar akustik dan tampak dari depan.

3. Memilih Senar Gitar Akustik

Tanya diri anda sendiri, anda ingin bermain gitar akutik classic ataukah yang agak modern. Kalau anda cenderung suka music classic maka gitar akustik yang cocok untuk anda adalah gitar akustik dengan senar nylon. Kalau anda lebih suka permainan gitar modern maka pilihlah yang string yaitu yang senarnya dari baja.

Perbandingan dan perbedaan senar gitar nylon dan string pada gitar akustik

Perbandingan dan perbedaan senar gitar nylon dan string pada gitar akustik

4. Kayu gitar akustik

Kayu gitar untuk gitar akustik menentukan kualitas suara gitar akustiknya. Jika anda memiliki pengalaman mendengarkan perbedaan suara nada gitar akustik antara gitar satu dan gitar akustik lain yang dibuat dengan kayu yang berbeda, maka anda dapat menentukan mana karakter suara gitar akustik yang anda inginkan dan cocok dengan selera musik akustik anda. Kebanyakan, kayu gitar akustik yang bagus untuk body adalah kayu mapple atau yang lebih dikenal dengan tonewood. Untuk body, kami menyarankan yang dari kayu mapple dan untuk neck kami menyarankan yang dari mahogani. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang karakter kayu gitar akustik, sebaiknya anda baca artikel tentang macam macam kayu gitar.

5. Tes suara gitar akustik

Hal terakhir adalah mengetes suara gitar akustik dengan menggunakan tuner gitar akustik. Tuner gitar akustik selain berfungsi untuk menstem gitar juga sebagai alat untuk mendeteksi kualitas suara nada gitar akustik. Mengapa demikian? karena sebenarnya alat penstem gitar akustik tidak menggunakan kabel yang dihubungkan ke pick up gitar karena memang gitar akustik sebenarnya tidak menggunakan pickup. Suara yang dihasilkan oleh gitar akustik merambah melalui udara dan ditangkap sinyal suara tersebut oleh alat penstem gitar untuk kemudian menunjukkan apakah senar yang dipetik bernada A atau B, atau E atau lainnya. Jika suara bisa ditangkap dan gitar dapat distem dengan mudah, itu berarti resonansi suara gitar akustiknya bagus. Jika anda punya uang untuk membelinya, gunakan tuner untuk mengetes suaranya. Jika tidak cukup uang, maka anda perlu meminta tolong teman anda untuk memainkan gitar tersebut sementara anda mendengarkannya dari jarah agak jauh, untuk mengetahui suara gitar akustik sebenarnya. Jangan coba dengarkan sambil anda memainkannya, otomatis akan terdengar bagus karena getaran nada yang dihasilkan oleh senar juga merambah ke tubuh anda sehingga anda merasakan getaran nada senar gitar akustik menyatu dengan tubuh. Pada kondisi seperti itu sulit membedakan kualitas suara gitar akustik. Untuk mengetahui suara gitar akustik itu bagus atau tidak menurut anda, maka harus didengarkan dari jarak jauh.

Tuner gitar akustik adalah alat untuk menstem gitar akustik

Tuner gitar akustik adalah alat untuk menstem gitar akustik

Demikian sekiranya sedikit tips singkat cara memilih gitar akustik yang baik dan benar. Untuk melengkapi bacaan anda tentang memilih gitar, mungkin anda perlu membaca juga 8 tips membeli gitar baru. Atau, jika anda tidak suka dengan gitar yang dijual di pasaran, mungkin anda tertarik membuat gitar sendiri yaitu gitar custom, maka baca tips membeli gitar custom.

Tags: #alat menstem gitar #cara memilih gitar akustik yang baik dan benar #gitar tuner #harga gitar akustik #jenis body gitar akustik #memilih senar gitar akustik #senar gitar akustik nylon

author
Author: 
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson.
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print.
    8 Tips membeli gitar baru
    8 Tips membeli gitar baru
    8 Tips membeli gitar baru ini akan
    Mau belajar gitar jazz? pahami dulu kunci/chord jazz berikut
    Mau belajar gitar jazz? pahami dulu kunci/chord jazz berikut
    Mau belajar gitar jazz? pengen bisa memainkan
    1. Lagu untuk latihan gitar akustik dengan mudah buat pemula | musisi.org2 years ago

      […] Cara memilih gitar akustik yang baik dan benar […]

      Reply
    2. 20 Merek Gitar Akustik Terbaik Di Dunia | musisi.org2 years ago

      […] untuk belajar gitar akustik Cara memilih gitar akustik yang baik dan benar Jenis kayu gitar akustik Software gitar […]

      Reply

    Leave a reply "Cara memilih gitar akustik yang baik dan benar"

    Must read×

    Top