Cara memegang pick gitar dengan benar

In Gitar

Sebenarnya, memang ada cara memegang pick gitar dengan benar. Namun, faktanya banyak sekali gitaris terkenal yang memiliki cara memegang pick gitar dan memetiknya dengan cara yang berbeda, toh mereka tetap jago dalam bermain gitar. Kalau menurut beberapa pendapat yang pernah saya dengar dari berbagai sumber entah itu dari teman, seminar, guru main gitar, senior di komunitas gitar, cara pegang pick dan picking yang benar adalah seperti yang dimainkan/digunakan oleh Joe Satriani. Dimana ketiga jari yaitu jari kelingking, jari manis, dan jari tengah, rapat jadi satu, lurus ke bawah menyentuh body gitar, yang sekaligus berfungsi untuk mute gitar. Dengan demikian, yang bergerak dominan adalah jari telunjung dan jempolan, tanpa menggerakkan pergelangan tangan, apalagi sampai menggerakkan siku, pasti sangat cepat capek. Dengan hanya menggerakkan jari telunjuk dan ibu jari yang menggenggam pick, maka petikan akan lebih halus, bersih, stabil, dan bisa main tremolo picking dengan baik.

Namun demikian, banyak gitaris lain yang juga hebat, menggunakan teknik memegang pick dan picking yang berbeda beda sesuai style mereka. Menurut mereka, tidak ada cara yang paling benar dalam memegang pick gitar dan bagaimana memetiknya, yang ada adalah cara yang paling nyaman menurut individu masing-masing. Mari kita simak bagaimana perbedaan para gitaris terkenal dunia memegang pick gitar dan memetik gitar.

1. John Petrucci Dream Theater

John Petrucci memegang pick dengan jari telunjung dan ibu jari, sedangkan jari tengah dan jari manis menekuk sehingga memberikan ruang diantara telapak tangan dan permukaan senar gitar, sedangkan jari kelingkingnya digunakan untuk penopang pada body gitar dekat dengan pickup. Perhatikan gambara berikut:

cara memegang pick gitar ala john petrucci

2. Paul Gilbert

Paul Gilbert justru memegang pick gitar dengan semua jarinya. Maksud saya, jari telunjuk dan ibu jari memegang pick gitar, namun jari lainnya mengatup rapat setengah, sehingga dari depan tangannya nampak KOTAK. Cara memegang pick seperti ini mirip dengan yang dilakukan oleh Billy Joe Green Day. Namun demikian, Paul Gilbert tetap memiliki kecepatan picking yang luar biasa cepat. Ternyata memang menurut dia, tidak ada cara yang benar, yang ada adalah cara yang paling nyaman menurut masing-masing. Cara memgang pick paul gilbert ini berpengaruh pada teknik bermain gitarnya. Paul Gilbert tidak menyukai permainan teknik sweep picking seperti pada umumnya gitaris lainnya. Paul Gilbert tidak bisa melakukannya dengan baik, karena sweep picking sama sekali tidak cocok dengan style dia memegang pick. Maka dari itu dia cenderung memetik nadanya satu persatu yang justru sweep picking ala paul gilbert terdengar lebih bersih dan rapi dengan perbedaan nada yang jelas. Tidak seperti teknik sweep picking yang biasanya digunakan gitaris lain, yaitu dengan picking up seluruh cord, dan picking down seluruh cord secara separate (terpisah/patah patah). Jika tidak dilakukan dengan baik, menurut Gilbert, teknik sweep picking justru terdengar seperti Krutuk Krutuk saja :D. Saya pernah mencoba dan terbiasa menggunakan cara memegang pick gitar seperti yang dilakukan oleh paul gilbert, dan ternyata saya bisa mengikutinya dengan nyaman.

cara memegang pick gitar paul gilbert

3. Marty Friedman

Marty Friedman adalah gitaris Megadeath. Cara dia memegang pick gitar menurut saya adalah yang paling aneh diantara para gitaris terkenal dunia. Kalau paul gilbert menggengam separuh, Marty justru menggenggam penuh dengan posisi pick yang agak menjorok ke bawah. Menurut saya, teknik ini sangatlah sulit dan tidak cocok untuk kebanyakan dari kita. Saya pernah mencobanya, dan ternyata memang susah dan tidak cocok dengan saya. Dan saya pun tidak sekali sekali mencobanya lagi karena menurut saya, saya 100% gagal dengan teknik ini. 🙁 . Namun demikian, Marty friedman memiliki kecepatan picking yang luar biasa, dia pun membuktikan bahwa ini bukan tentang cara yang benar, tetapi cara yang nyaman untuk memegang pick  gitar.

cara memegang pick gitar marty friedman

4. Michael Angelo Batio

Saya berani mengatakan bahwa Michael Angelo Batio memiliki kecepatan, keakuratan, kejernihan, picking yang paling baik diantara para gitaris. Banyak gitaris speed seperti Yngwie Malmsteen, dan lainnya. Tetapi yang paling cepat, akurat, dan bersih  adalah Michael Angelo Batio. Dia bahkan bisa bermain kidal dengan sangat baik. Sweep pickingnya adalah yang paling jernih. Namun sayang dia tidak memiliki riff riff yang bagus. cara dia memegang pick adalah dengan jari telunjuk dan ibu jari, sementara jari lainnya merapat lurus ke bawah, seperti yang dilakukan oleh joe satriani. Namun bedanya adalah, pick Michael Angelo Batio mengarah posisi 180 derajat, sehingga yang menabrak senar bukanlah bagian gepeng pick, tetapi bagian lurus tipis pick. Menurut dia, posisi tersebut lebih bisa menabrak dan melewati senar dengan mudah dan lebih cepat karena pick tidak sempat menekuk/bengkok saat melewati senar yang dapat menghambat pergerakan dan mengurangi speed.

cara memegang pick gitar michael angelo batio

5. Joe Satriani

Joe Satriani memiliki cara memegang pick yang sama dengan yang dilakukan oleh Michael Angelo Batio, bedanya adalah posisi pick Joe lebih ke posisi 45 derajat, sehingga pertengahan antara bagian tipis lurus pick dan bagian gepeng pick. Menurut para guru gitar, cara memegang pick ala Joe satriani adalah cara memegang pick yang benar, karena dengan ketiga jari lainnya yang menutup rapat dan sedikit melakukan fungsi mutting pada senar, akan membuat permainan gitar lebih bersih. jari telunjuk dan ibu jari pun bisa fokus memetik dengan cepat dan akurat. Dengan demikian, yang bergerak adalah jari telunjuk dan ibu jari saja yang memetik up dan down. mulanya, sangat susah melatih cara memegang pick seperti ini, apalagi jika harus loncat dari senar 4 ke senar 1 atau jump string, tapi jika sudah terbiasa, justru akan memberikan kontrol picking yang baik.

cara memegang pick gitar joe satriani , how joe satriani holds guitar pick

Nah, sekarang silakan mencoba masing masing teknik ala kelima gitaris tersohor di atas, dan anda akan mendapatkan gaya anda masing masing. Saya sendiri teribiasa menggunakan cara john petrucci, joe satriani, dan paul gilbert karena saya lebih sering memainkan lagu lagu mereka dan menonton tutorial dan konser mereka sehingga terpengaruh. Ketika bermain Cord, saya lebih sering menggunakan cara memegang pick ala paul gilbert, ketika bermain blues saya cenderung menggunakan teknik joe satriani, dan ketika bermain fast picking saya secara otomatis menggunakan cara memegang pick ala john petrucci. Anda bagaimana? silakan cari. Yang jelas, tidak ada cara benar, yang ada adalah cara yang paling nyaman menurut anda.

Tags: #cara memegang pick gitar dengan benar #cara memegang pick gitar yang benar #macam macam pick gitar

author
Author: 
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson.
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print.
    8 Tips membeli gitar baru
    8 Tips membeli gitar baru
    8 Tips membeli gitar baru ini akan
    Mau belajar gitar jazz? pahami dulu kunci/chord jazz berikut
    Mau belajar gitar jazz? pahami dulu kunci/chord jazz berikut
    Mau belajar gitar jazz? pengen bisa memainkan

    Leave a reply "Cara memegang pick gitar dengan benar"

    Must read×

    Top