Cara Membuat Lagu

Secara tidak disadari, semua orang membuat lagu baik yang hingga jadi sebuah lagu atau hanya jadi lamunan pendek saja lalu menghilang. Bagi para musisi atau pemain musik, mengetahui cara membuat lagu adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki.

Mengapa Membuat Lagu?

Mengapa membuat lagu? mari kita jawab pertanyaan ini dari sudut pandang sebagai seorang musisi. Membuat lagu adalah untuk mengungkapkan segala sesuatu yang ingin kita sampaikan dalam bentuk simbol yaitu syair/lirik dan nada. Musisi membuat lagu tentunya adalah untuk menghibur dirinya, dan menghibur orang lain. Sampai saat ini sudah berjuta juta lagu tercipta di dunia ini. Apa yang mempengaruhinya? jelas industri musiklah pengaruhnya. Nah, dengan menciptakan lagu, anda berpotensi menghasilkan uang darinya, atau sekedar menuangkan perasaan dan gagasan karena bagi beberapa orang menciptakan lagu tak perlu dipengaruhi oleh motivasi profit. Apapun tujuannya, yang jelas, ketika kita berhasil menciptakan lagu, tentunya kita sangat bangga pada lagu yang kita buat :) karena itu adalah karya yang besar.

Beberapa Cara Membuat Lagu:

1. Membuat Lagu Menggunakan Gitar.

Membuat lagu bisa dengan menggunakan bantuan gitar. Biasanya, kita dapat membuat lagu menggunakan gitar ini terbagi menjadi dua cara yaitu dengan 1. membuat syair dahulu baru kemudian membuat nada, 2. Membuat nada dahulu baru kemudian syair, 3. Menggunakan Rangkaian / cendence kunci gitar, atau 4. Membuat lagu menggunakan petikan melodi gitar.

2. Membuat lagu Menggunakan Bass.

Secara umum, membuat lagu menggunakan Bass hampir sama dengan menggunakan gitar bedanya adalah anda mengganti kunci gitar dengan nada bassnya saja. Jadi anda tidak bisa menggenjreng :D. Namun, anda masih dapat memainkan melodi untuk mendukung membuat lagu dengan bass. Kelemahannya adalah kita kurang dapat mendapatkan inspirasi lagu karena secara tidak disadari, genjrengan kunci gitar dapat menyumbang ide nada lagu.

3. Membuat lagu Menggunakan Keyboard/Piano/Organ.

Membuat lagu dengan piano juga hampir sama dengan membuat lagu dengan bass ataupun gitar. Bedanya adalah nada piano yang lebih sering dimainkan secara terpisah lebih mampu memberikan inspirasi nada lagu yang kita ciptakan. Biasanya kalau kita membuat lagu dengan menggunakan piano, lagu kita akan lebih kaya akan variasi nada.

4. Membuat Lagu dengan Angan-Angan.

 

Contoh lagu yang sudah saya buat :D



Blog

8 Responses to Cara Membuat Lagu

  1. kapit

    gan,caranya mudah,pi sulit cari liric.y nih..
    tolonk buatin liric lagu yang gak galau gak ngerock.yg standar2 saja

    • musisi

      ok aku buatin.. tapi sabar ya.. ane lagi suibuk ngurusi banyak kerjaan :D. Kirim aja nadanya dulu dalam bentuk mp3. ntar aku buatin syairnya.

  2. Phutra

    Gan,Tolong Buatin gue syair/Lirik nya dong..
    Tema Tntng Ssorng PENANTIAN gitu lh..

    Nada nya kuNci dasar aj gan..
    Seperti C,AM,F,G atau C,G,AM,EM,F,C,G…

    MOHON bantuannya gan..

    Kalo dah jadi Kirim Ke EMAIL gue ya Gan..
    phutraseventeen@yahoo.co.id <<Nii email gue

    • musisi

      Kalau minta buatin syarirnya, silakan kirimkan ke saya file mp3 nada lagu agan biar bisa saya buat syairnya. Rekam aja dulu dengan siulan atau gumaman pakai NA NA NA NA… :D nanti pasti saya buatkan syairnya.

  3. andrew

    gan buatin gw syair n kuci” gitar gan mohon bantuan buat aku nyanyikan untuk pacar saya gan mohon bantuannya :D

    • musisi

      wkkwkwkkk… ok ok.. No.Hp ente kirim ke sini, mau pastiin aja ente niat pesen beneran. ntar ane hubungi :D

  4. maria

    Kalo liriknya udah ada tapi ga bisa buat nadanya gimana ya? Bisa bantuin ga?

    • musisi

      Sangat bisa, ok, silakan kirim ke sini liriknya ya.. nanti aku buatkan nadanya. Lalu aku rekam dan aku upload ke youtube ku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>