Eduguitar.com More sources on guitars. Find out More

Cara Membuat Lagu

Secara tidak disadari, semua orang membuat lagu baik yang hingga jadi sebuah lagu atau hanya jadi lamunan pendek saja lalu menghilang. Bagi para musisi atau pemain musik, mengetahui cara membuat lagu adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki.

Mengapa Membuat Lagu?

cara membuat lagu Mengapa membuat lagu? mari kita jawab pertanyaan ini dari sudut pandang sebagai seorang musisi. Membuat lagu adalah untuk mengungkapkan segala sesuatu yang ingin kita sampaikan dalam bentuk simbol yaitu syair/lirik dan nada. Musisi membuat lagu tentunya adalah untuk menghibur dirinya, dan menghibur orang lain. Sampai saat ini sudah berjuta juta lagu tercipta di dunia ini. Apa yang mempengaruhinya? jelas industri musiklah pengaruhnya. Nah, dengan menciptakan lagu, anda berpotensi menghasilkan uang darinya, atau sekedar menuangkan perasaan dan gagasan karena bagi beberapa orang menciptakan lagu tak perlu dipengaruhi oleh motivasi profit. Apapun tujuannya, yang jelas, ketika kita berhasil menciptakan lagu, tentunya kita sangat bangga pada lagu yang kita buat :) karena itu adalah karya yang besar.

Beberapa Cara Membuat Lagu:

1. Membuat Lagu Menggunakan Gitar.

Membuat lagu bisa dengan menggunakan bantuan gitar. Biasanya, kita dapat membuat lagu menggunakan gitar ini terbagi menjadi dua cara yaitu dengan 1. membuat syair dahulu baru kemudian membuat nada, 2. Membuat nada dahulu baru kemudian syair, 3. Menggunakan Rangkaian / cendence kunci gitar, atau 4. Membuat lagu menggunakan petikan melodi gitar.

2. Membuat lagu Menggunakan Bass.

Secara umum, membuat lagu menggunakan Bass hampir sama dengan menggunakan gitar bedanya adalah anda mengganti kunci gitar dengan nada bassnya saja. Jadi anda tidak bisa menggenjreng :D. Namun, anda masih dapat memainkan melodi untuk mendukung membuat lagu dengan bass. Kelemahannya adalah kita kurang dapat mendapatkan inspirasi lagu karena secara tidak disadari, genjrengan kunci gitar dapat menyumbang ide nada lagu.

3. Membuat lagu Menggunakan Keyboard/Piano/Organ.

Membuat lagu dengan piano juga hampir sama dengan membuat lagu dengan bass ataupun gitar. Bedanya adalah nada piano yang lebih sering dimainkan secara terpisah lebih mampu memberikan inspirasi nada lagu yang kita ciptakan. Biasanya kalau kita membuat lagu dengan menggunakan piano, lagu kita akan lebih kaya akan variasi nada.

4. Membuat Lagu dengan Angan-Angan.

Membuat lagu dengan angan angan sebenarnya tidak bisa dipisahkan dengan membuat lagu dengan menggunakan alat musik. Metode membuat lagu dengan angan angan menurut musisi.org adalah yang paling penting dalam membuat lagu. Kenapa? karena angan angan inilah yang memberi kepala kita ide akan nada nada apa yang akan kita gunakan. Angan angan tersebut adalah alat eksperimental / percobaan sebelum kita menentukan nada yang kita pilih.

Membuat lagu yang hanya menggunakan angan angan (tidak menggunakan alat musik sama sekali) dapat memberikan anda kebebasan menciptakan lagu anda, dan biasanya jadinya akan lebih bagus dan searah nadanya. Lain halnya ketika membuat lagu dengan alat musik seperti gitar, kepala kita cenderung dipengaruhi oleh nada gitar dan kunci yang kita petik atau strum sehingga memungkinkan lagu menjadi monoton.

Untuk membuat lagu yang bagus, anda membutuhkan pengalaman, pengetahuan, dan tentunya inspirasi yang mempengaruhi kemampuan anda membuat gitar. Berikutnya baca: Inspirasi untuk membuat lagu.

Contoh lagu yang sudah saya buat :D

DMCA.com Protection Status

Incoming search terms:

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *