Cara disable Audio Device pada windows xp

Untuk bisa menggunakan efek gitar guitar rig 5 atau overloud th1 juga software efek gitar komputer yang lain, anda membutuhkan asio4all karena driver asio4all dapat menghilangkan keterlambatan suara input dan output efek gitar. Nah agar asio4all dapat berfungsi dengan baik, maka anda perlu mendisable driver bawaan soundcard yang ada pada komputer atau laptop anda. Kenapa harus didisable? karena sebuah hardware tidak dapat dijalankan oleh dua driver sekaligus, jadi salah satu harus mengalah. Nah, karena kita butuh asio4all yang aktif, maka driver bawaan soundcard/audio device harus didisable. Kebanyakan soundcard yang sering dipakai adalah Realtek. Berikut adalah cara mendisable audio device pada windows xp.

1. Buka Start, lalu cari My Computer, lalu menuju Manage.

disable audio device windows xp open from start and then go to my computer and go to manage

2. Setelah Manage diklik, maka akan keluar tampilan seperti gambar di bawah. Lalu cari Sound, video, and Game controllers.

device manager > sound video game controllers

3. Setelah ketemu sound, video, and game controllers, klik tanda plus sebelah kiri untuk membuka / mengexpand. Carilah drivernya, misal “Realtek High definition Audio“, kemudian klik kanan dan pilih disable.

disable realtek high definition audio

4. Setelah diklik disable, maka akan muncul peringatan bahwa hardwarenya tidak akan berfungsi, pilih saja Yes, karena kita akan menggunakan Asio4all untuk drivernya.

disable this device will cause it to stop functioning

5. Ketika sudah dipilih Yes, maka Realteknya / audio device sudah tidak berfungsi atas kendali driver bawaan, dan akan ditampilkan dengan tanda silang merah yang berarti tidak berfungsi. Tidak apa apa, karena akan kita jalankan dengan asio4all.

disabled audio device realtek

6. Perubahan tersebut juga dapat dilihat pada taskbar dibagian pojok kanan bawah. Perhatikan antara saat masih aktif dan yang setelah didisable/nonaktif.

Sebelum >

Sesudah >

7. Setelah anda selesai menggunakan untuk asio4all, yaitu untuk keperluan main gitar efek dengan guitar rig 5 atau yang lainnya, dan anda ingin mengembalikan driver realtek seperti semula, misal untuk keperluan memainkan winamp atau windows mediaplayer, maka anda bisa mengaktifakannya kembali/ enable dengan cara / jalur yang sama. Cuma bedanya anda akan meng enable.

Selamat Mencoba.

Wajib DiBACA:

Jual paket home recording murah dan lengkap untuk membuat studio rekaman di rumah

iRig mengubah iPad dan iPhone menjadi efek gitar

Ini dia cara membuat studio rekaman sederhana di kamar Gampang dan Murah

Incoming search terms:

  • asio4all tidak berfungsi
  • install asio4all kok ga aktif ya#
  • cara setting asio4all di windows 7
  • cara menggunakan aplikasi gtr 3
  • cara mengembalikan driver sound windows xp
  • wave sering mute di pc
  • cara mengaktifkan driver ISO4all
  • cara membuat on computer sound card enabled
  • cara ganti soundcard dengan asio
  • cara disable sound di bios

Tags: #asio4all #desable playback realtek #device manager #disable audio device #Guitar Rig 5 #nuendo 4 #realtek

author
Author: 
    Buku Audio Mastering dengan Cubase
    Buku Audio Mastering dengan Cubase
    cara mastering lagu di wavelab cara mastering
    Guitar Rig 5 Presets Missing
    Guitar Rig 5 Presets Missing
    Guitar Rig is loved by guitarists in
    software untuk membuat musik rock
    software untuk membuat musik rock
    Software untuk membuat musik rock yang paling
    Download Keygen EzDrummer
    Download Keygen EzDrummer
    Download Keygen EzDrummer. Buat kamu yang lagi
    1. author

      idham maulana5 years ago

      gan, terima kasih sebelumnya udah posting solusi diatas
      tapi masalahnya sekarang ane install asio4all di winXP buat cubase5 . nah kalo asio4all diaktivin di cubase nya malah gakeluar suara, mohon penjelasannya gan
      suwun 🙂

      Reply
      • author

        musisi5 years ago

        Hm.. sepertinya ada yang tidak synchronized antara asio4all dan setting di cubase nya. Agan harus mengatur supaya audio device yang digunakan oleh cubase adalah asio4all, bukan yang lain. Logikanya begini, jika agan mau pakai asio4all, maka setting pada cubase pun harus pakai asio4all, jika mau pakai audio device default seperti realtek, maka pada cubase pun harus pakai realtek. Kalau asio4all diaktifkan tapi setting di cubase masih pakai realtek, ya otomatis tidak mau bekerja dengan baik.

        Cara mensettingnya adalah dengan membuka Device setup. cari Device > device setup lihat gambar berikut:
        setting device setup cubase 5 asio4all

        Lalu klik pada VST Audio System, maka akan muncul beberapa kotak hitam / dropdown box pada sebelah kanan. Cari yang paling atas tepat dibawah tulisan VST audio System. Pastikan drivernya menggunakan Asio, entah berapapun versinya yang diinstal, kebetulan pada gambar berikut yang digunakan adalah asio4all v2. Lihat gambar berikut:
        setting device setup asio4all cubase

        Merunut laporan agan, saya kira mungkin itu yang jadi penyebabnya. silakan dicoba dulu. jika masih ada masalah, berarti harus dicari lagi penyebab lainnya 😀
        Selamat mancoba.

        Reply
    2. author

      Rifan5 years ago

      sangat bermanfaat, terima kasih gan 😀

      sukses selalu,

      Reply
      • author

        musisi5 years ago

        Terimakasih, sama sama. Selamat bermusik, ditunggu hasil karya musiknya 😀

        Reply
    3. author

      aprizha5 years ago

      mas . saya mau tanya , ini saya orang baru di guitar rig ini saya minta tutor instal guitar rig 5 di windows 7 dong mas. sama ini problemnya sudah di coba instal tapi. pas di coba pake gitar ko bising gtu efeknya , kaya ngground gtu

      Reply
      • author

        musisi5 years ago

        Apriza, guitar Rig 5 yang dari link yang saya bagikan itu sudah UNLOCK, jadi gak usah dicrack lagi, begitu dah diinstal otomatis siap pakai. Nah, kalau suaranya ngeground, ada beberapa hal yang harus kamu pastikan:\n\n1. Pastikan kamu sudah menggunakan driver Asio4all. Buka file > audio and Midi setting. Pada tab audio, pastikan drivernya sudah menggunakan asio4all. jika masih menggunakan driver bawaan laptop kamu, bisa dipastikan akan lambat dan delay juga kemresek. jelasnya, lihat ini: http://musisi.org/mengatasi-suara-terlamat-pada-guitar-rig-overloud-th1-dan-vst-efek-gitar-komputer-lainnya/\n\nkamu juga perlu mendisable playback sound: caranya: klik kanan pada gambar sound pada taskbar (kanan bawah) lalu pilih playback devices, kemudian klik kanan pada icon playback, lalu pilih disable.\n\njika kamu pakai windows xp: baca ini: http://musisi.org/cara-disable-audio-device-pada-windows-xp/\n\n2. Jika masih saja kemresek, check kabel konektor gitar kamu apakah udah lama dan banyak bocor sehingga bikin kemresek (saya pernah mengalaminya, ini adalah salah satu penyebab bunyi ngeground).\n\n3. Berikutnya, yang berdasarkan pengalaman juga, bunyi kemresek atau ngeground itu karena ground komputer / laptop kamu tidak ada. Hal ini hanya terjadi saat kamu mencharge laptop kamu. Untuk mengatasinya: \n\na. siapkan kabel, hubungkan salah satu logam yang ada pada komputer/laptop yang terhubung dengan tanah.\nb. atau, siapkan kabel, hubungkan kabel ke tremolo gitar dan ujung lainnya ke badan kamu 😀 (ini beneran, bukan guyonan).\n\nSelamat mencoba, jika sesuai saran di atas masih saja trouble, silakan lapor lagi 🙂

        Reply
    4. author

      ronie4 years ago

      gan saya mu naya nie
      saya kan pake wave gtr3 d rumah
      kemaren cieh d cobain udah bagus
      eh pds tadi d coba ko bunyi nya jdi aneh ., .
      ith kira2 apanya ea

      Reply
      • author

        musisi4 years ago

        Bunyinya jadi aneh gimana? kalau bunyinya telat telat dan kemresek, itu jelas drivernya harus pakai asio4all. Tapi driver bawaan laptop harus didisable dulu biar gak konflik. Pastikan di setingan audio driver Wave gtr3 mu bukan menggunakan driver soundcard bawaan laptop atau pc, tapi ubah menjadi asio4all.

        Reply
    5. author

      ronie4 years ago

      oh iyh gan bukany asioall sbagai lin in doang tetep kan mesti pk drive son bawaan ?
      tolong d jelasin dunk gan makasih sbelumya
      n maju teruz musik indonesia

      Reply
      • author

        musisi4 years ago

        Asio4all bukan line in doang, tetapi keseluruhan, baik input maupun output. Soundcardnya sih tetep pakai bawaah laptop, tetapi drivernya harus pakai asio4all. dan agar asio4all dapat bekerja dengan maksimal, maka driver bawaan laptop (misal realtek) harus dinonaktifkan / disable dulu. Loginya, kan gak bisa satu mobil disetiri dua supir :D. Jadi harus salah satu. Ok, semoga berhasil. kalau udah dicoba, dan tidak berhasil, silakan laporan lagi.

        Reply
    6. author

      Albert4 years ago

      Bro, ini kan di windows xp. Kalo di windows 7 gimana caranya?
      Makasih.

      Reply
    7. author

      ricky3 years ago

      Mas saya disable malah ga keluar suaranya di gitar rig,udh instal asio nya juga.suaranya kacau mas kaya orang tawuran..mohon pencerahan nya dgn detail mas.kalo perlu kita ngobrol via bbm hehe makasih

      Reply
      • author

        musisi3 years ago

        Wah..ane gak bisa jamin 100% bisa karena hardware komputer dan laptop beda beda mas.. ada yg bisa. Ada pula yg bener bener gak bisa. Ane gak pakek bbm. WA aja. Ini: 085707840829

        Reply
    8. author

      Ivanka2 years ago

      gan sy mintol solusinya nie, sy mau mau buat video main gitar pakai efek guitar rig4, masalahnya kalau rig4 aktif video merakam di laptop saya gak aktif, gimana solusinya gan…???

      Reply
      • author

        musisi2 years ago

        gak bisa gan, karena soundcard komputer tidak bisa digunakan oleh dua driver sekaligus. Cara ngakalinya adalah merekam sendiri sendiri. Satu hanya ngrekam video, satunya lagi ngrekam suara. Baru nanti digabungkan pakai video editor atau video maker seperti adobe premier.

        Reply
    9. author

      azriel2 years ago

      bang dak usah pake cubase 5 dak papa kan bang

      Reply
      • author

        musisi2 years ago

        gak apa apa

        Reply
    10. author

      Danny2 years ago

      Gan boleh minta link buat download nuendo dan studio one nya? Saya download yg agan share link udh gak bisa gan, mohon kirim ke email saya gan [email protected] makasih gan sblmnya.

      Reply
    11. author

      ichan2 years ago

      gan kalo saat buka studio one laptop jadi ga ada suaranya itu penyebabnya apa ?

      Reply
      • author
        Author

        musisi2 years ago

        karena soundcardnya diambil alih oleh studioone gan.

        Reply

    Leave a reply "Cara disable Audio Device pada windows xp"

    Must read×

    Top