Belajar Gitar Dengan Cepat dan Mudah dengan Metode: Learning by Doing

Para gitaris belajar memainkan gitar dengan permulaan yang berbeda-beda. Diantara jalur jalur tersebut membawa dampak pada perkembangan kemempuan bermain gitar juga memberikan perngaruh warna musik yang dibawakan. Kalau menurut musisi.org, ada beberapa jalur para gitaris belajar:

1. Lewat sekolah formal: Biasanya akan menjadi gitaris beraliran classic, kalau gak gitu ya bermain jazz.

2. Belajar dari less gitar privat atau ikut less distudio musik lokal: Biasanya akan jadi musisi rock atau metal, karena hampir 90% rental studio musik di Indonesia ini didirikan oleh para rocker 😀

3. Belajar dari teman yang sama sama kurang tahu gitar, pengen belajar melody yang bagus tapi sumber gak bisa, atau pengen bisa melodian dengan bagus dan speed tapi gak tahu caranya dan gak ada yang ngajari, akhirnya larinya kalau gak ke Punk ya Grunge :D. Seperti saya dulu, pengen banget bisa main kayak gitaris luar negeri, tapi karena mentok, larinya ya ke greenday sama nirvana :D.

4. Nah, baru ketemu juga dengan rekan sesama UKM musik yang ada dikampus kampus, nah ini biasanya akan belajar rock. Seperti saya dulu, oleh guru saya “Adi Gilbert” langsung diajari main Metropolis Part 1 😀 kejam….!! tapi ternyata, dengan dipandu sedikit sedikit tiap note yang harus dipetik ternyata bisa juga.. wow!.

Nah, dari situ saya mengambil kesimpulan, bahwa belajar gitar dengan metode learning by doing itu memiliki banyak manfaat yang luar biasa pengaruhnya terhadap perkembangan skill bermain gitar, diantara analisanya adalah:

1. Dengan belajar memainkan lagu orang lain, kita secara tidak sengaja belajar menggunakan teknik bermain gitar yang digunakan oleh gitaris tersebut. Misalkan dulu saya dipaksa belajar Metropolis Part 1. Secara tidak sengaja saya belajar teknik seperti pull-off, hammer-on, harmonic, pinch harmonic, mute, dab, arpegio, sweep picking, speed, secara otomatis tanpa saya sadari setelah saya bisa melakukannya.

2. Saya jadi mengerti banyak variasi cord yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya. Cord tersebut disebut progressive cord, aneh sih, tapi bunyinya luar biasa buagus :D.

3. Kalau cuma pemanasan, kita tidak punya sesuatu untuk dimainkan dengan durasi lebih panjang. Tapi kalau kita langsung mempelajari lagu, selain kita bisa teknik yang digunakan, kita juga punya sesuatu untuk dimainkan bersama teman.

4. Memainkan lagu orang ternyata dapat memberikan inspirasi dan referensi pilihan melody melody yang mereka gunakan. Secara otomatis, biasanya lagu dan melody yang kita buat dipengaruhi oleh lagu lagu yang kita pelajari.

Nah, berikutnya saya juga dibantu dengan membaca tab gitar. Seterusnya, saya mulai mempelajari take the time, pull me under, dan lainnya melalui tab gitar. Memang melelahkan membaca satu satu nadanya. Tapi, kita cenderung dapat mengingat lebih tajam nada nada yang kita mainkan. Dan tentunya, kita tidak tergantung dengan guru yang mengajari kita. Jadi kita tidak perlu nguber nguber dia untuk ngajari kita untuk memainkan lagu lagu lainnya. Cukup dipelajari sendiri menggunakan tab gitar. Nah, kalau mau nyoba juga belajar Metropolis part 1 nya dream theater. Berikut link download tab gitar nya. Selamat mencoba.

Guitar Tab Dream Theater Metropolis Part 1

 

Incoming search terms:

  • kunci gitar dream theater pull me under

Tags: #belajar gitar metode cepat #gitar tab metropolis part 1 dream theater #learning by doing guitar #metode yang baik untuk belajar gitar

author
Author: 
    Latihan gitar cepat dengan skala chromatic
    Latihan gitar cepat dengan skala chromatic
    Latihan gitar cepat dengan skala chromatic. Kalau
    40 Teknik Melodi Gitar Yang Wajib Dikuasai Dengan Video dan Gambar
    40 Teknik Melodi Gitar Yang Wajib Dikuasai Dengan Video dan Gambar
    Belajarlah secara lengkap teknik melodi gitar sebagai
    Buku belajar gitar dilengkapi dengan cd
    Buku belajar gitar dilengkapi dengan cd
    Incoming search terms:buku belajar blu

    Leave a reply "Belajar Gitar Dengan Cepat dan Mudah dengan Metode: Learning by Doing"

    Must read×

    Top