8 Tips membeli gitar baru

In Gitar

8 tips membeli gitar baru

8 Tips membeli gitar baru ini akan memandu anda ketika membeli gitar baru. Bagaimana tidak wahai para pengunjung setia musisi.org? mengapa kita perlu tips memilih gitar baru? baik memilih gitar elektrik ataupun memilih gitar akustik. Karena, bagi sebagian orang, terutama yang baru pertama kali beli gitar, pergi ke toko musik bisa bikin nervous dan tegang lho.. gak percaya? saya sendiri pernah mengalaminya saat pertama kali beli gitar akustik di sebuah pameran gitar di malang, saat itu penjualnya adalah wwmusik malang yang berkantor di sekitar masjid dieng dekat togamas. Kebingunan terjadi disana sini saat memilih dan untuk memutuskan gitar mana yang harus saya beli. Banyak sekali pertimbangan yang membuat saya bingung. Kenapa bisa bingung? ya jelas aja bingung lha di tokonya tuh buanyak sekali mode gitar dan bagus bagus semua. Belum lagi pas di pameran itu banyak sekali orang orang yang mau beli gitar itu pada nyoba mainin gitar yang mau dibeli, ya meskipun banyak juga yang sekedar testing testing doang tanpa membeli.

Bagi para pemula, sering juga lho mengalami syndrome yang namanya “I am not worthy” ketika kamu berhadapan dengan gitar gitar bagus dan bermerek lagi mahal. Nah, kalau kamu merasa demikian, jangan khawatir, kamu tidak sendirian, kamu bukan lah satu satunya orang yang bingung mau milih dan beli gitar yang mana.

Membeli gitar baru memang tidaklah mudah, kamu mungkin perlu pendamping yang sudah paham betul apa apa yang harus dipehatikan sebelum membeli gitar, atau mungkin kamu bisa baca baca dulu tips tips seputar membeli gitar baru entah itu tips memilih gitar akustik ataupun tips memilih gitar elektrik. Namun demikian, tidak perlu terlalu khawatir, apalagi kalau kamu belinya di toko musik yang sudah ternama karena biasanya toko musik yang bagus itu tahu bagaimana cara membuat suasana yang welcome banget bagi para calon pembeli gitar atau apapun alat musik yang dijual di toko alat musik tersebut.

Nah, ketika memilih, pasti kita disuruh nyoba mainin tuh gitar yang kita pegang, di situlah mulai nervous! benar gak? apa jangan jangan saya aja yang nervous :D. Mau beli gitar harus berani nyoba dulu, kalau awal awal beli gitar, pasti deh nyobanya cuma sebentar sebentar aja karena gak PD dan gak tahu harus ngetest apanya aja. Kamu jadi gak fokus fitur fitur dan faktor apa aja yang harus dicheck dan diteliti sebelum beli gitar. Kadang kamu coba memainkan tapi permainan jadi kaku semua karena grogi dilihatin sama customer servisnya :D. Nah, maka dari itu kamu butuh referensi paling enggak untuk buat checklist apa apa yang perlu di test atau istilahnya adalah “Test-driving”. Siap? Terus baca!

8 Tips membeli gitar baru

1. Kamu harus punya rencana dan tahu sebenarnya kamu tuh mau main musik yang kayak gimana?

Gak usah terkejut kalau kamu mengalami blank saat memilih gitar. Banyak sekali orang yang mau beli gitar, masuk ke toko musik, milih gitar, dan tiba tiba cancel karena gak tahu harus ngapain. Kadang juga takut salah milih dan memutuskan untuk pergi aja daripada menyesal. Itu terjadi karena kamu gak punya tujuan khusus jenis musik seperti apa yang kamu mau mainkan. Jika kamu suka musik jazz, sebaiknya gak usah nyoba nyoba gitar Ibanez. Lihat dulu artis artis kebanyakan pakai gitar merek apa model gimana itu biasanya dipakai untuk main musik model apa. Itu harus kamu tentukan dulu.

2. Kebanyakan toko musik menyediakan ruangan khusus untuk nyoba gitar akustik atau elektrik yang mau kamu beli.

Kalau toko musik tersebut bagus, mestinya disediakan ruangan khusus dimana kamu bisa nyoba tuh gitar elektrik ataupun akustik yang mau dibeli. Ini otomatis tidak disarankan bagi kamu kamu yang pemula membeli gitar dan mencobanya di keramaian apalagi saat pameran alat musik. Udah jelas jelas bakal keganggu dan kualitas suara gitar tidak dapat kamu tangkap dengan baik. Kalau tuh toko gak punya tempat khusus, ya pastikan saja tempatnya hening agar bisa jelas suaranya saat dicoba. Tempat hening akan memunculkan nuasa natural suara gitar dengan sempurna.

3. Mainkan lagu atau chord progression atau lick yang sama pada setiap gitar yang kamu coba.

Inilah saatnya uji dan test kemampuan gitar. Untuk mengetahui perbedaan kualitas masing masing gitar, kamu harus memainkan lagu, atau chord progression misal G, D, C atau lainnya, atau mencoba main melody menggunakan beberapa licks, semuanya harus sama. Jangan kamu ganti ganti. Hal ini ditujukan agar kamu dapat membandingkan melalui penelitian experimental kecil kecilan saat ujicoba playability gitar. Di situ kamu bisa merasakan dan membandingkan misal ada gitar yang enak dan pas untuk fingering, untuk picking, untuk hammer on, dan teknik main gitar lainnya. Satu gitar ada yang mudah atau empuk atau enteng dipencet, sementara yang lain keras dan susah banget yang bikin jari jadi sakit. Kalau sudah gitu, alhasil kamu tidak akan bisa bermain lama dan nyaman dan bikin cepat lelah atau bahkan kram! :D. Lebih lebih nih ya, kamu harus test tuh masing masing calon gitar kamu menggunakan Barre CHord atau kunci berdiri. Itu lho kunci dimana jari telunjuk kamu harus menekan lurus semua fret yang ada. Tahu kan? Nah, rasakan apakah susah atau sulit atau enteng. Biasanya sih, kalau jarak antara senar dan neck itu jauh, semakin kamu menggunakan barre chord dekat dengan ujung neck nada tinggi, semakin berat pula pejetannya. Intinya adalah kamu harus jajal semua teknik gitar yang kamu bisa ke calon gitarmu tersebut, coba pakai tapping kek, sweep picking kek, arpegio kek, dan lainnya. Kalau gitar itu layak, maka kamu bisa beli dan gitar itu pasti bilang “I am yours” :D.

4. Kerucutkan fitur yang kamu bandingkan

Cobalah bandingkan semua fitur gitar antara gitar yang satu dengan yang lainnya. Misal, lihatlah pada tremolonya, necknya, fretnya, semua yang berkaitan dengan fisik gitarnya kamu bandingkan mana yang lebih baik.

5. Bawa buku catatan.

Nggak sekolah saja yang harus nyatet man! bahkan mau beli gitar pun harus bawa buku catatan minimal kertas dan pulpen.  Kamu harus bikin tabel untuk menulis semua yang kamu bandingkan dari fitur gitar yang telah kamu observasi. Kenapa harus bikin catatan? Trust me! kamu bakalan lupa apa apa yang kamu bandingkan. dan kalau kamu lupa yang kamu bandingkan, nanti justru kamu bakal kesulitan lalu bingung dan kemungkinan besar jadi lama dan parahnya lagi, kamu gak jadi beli gitar baru!

6. Gunakan smartphone kamu untuk merekam masing masing gitar lalu bandingkan!

Percaya gak percaya (sebaiknya percaya deh 😀 ) bahwa kamu gak bakalan inget perbedaan suara masing masing gitar. Udah lama nyoba gitar ini dan gitar itu, saat mau ambil keputusan, eh pengen ngecek lagi tadi gitar yang itu suaranya gimana ya, eh kalau yang itu tadi gimana ya? sebenarnya sih kamu bisa saja nyoba lagi dan lagi berulang ulang pada gitar yang sama lagi tapi apa gak malu tuh sama pembelinya. Makanya kamu harus pintar dan smart yaitu dengan membawa smartphone untuk merekam masing masing gitar saat kamu mencobanya, dan nanti kamu bisa memutar ulang yang sudah kamu rekam dan bisa kamu jadikan pertimbangan dan perbandingan untuk kemudian memutuskan mau beli gitar yang mana.

7. Kenalan dengan sales atau staf penjualnya.

Kenapa harus kenal dengan customer servicenya? kalau kamu mau memberanikan diri kenalan dan tanya tanya, kamu bakal lebih dekat dan kamu tidak akan canggung atau sungkan ketika kamu nantinya bakalan banyak request merepotkan mau nyoba gitar ini dan itu kepada si pelayan toko musik tersebut. Bener, beda lho kalau kamu gak kenal sama tuh penjaga toko musik, kamu bakal canggung dan sungkan buat nyoba nyoba dan tanya tanya banyak hal. Demikian dia si sales bakal bisa ngasih masukan ke kamu agar bisa lebih tegas dalam menentukan pilihan calon gitar.

8. Luangkan waktu dan gunakan waktu sepuasmu!

Saat membeli gitar di toko gitar, salah satu penyakit adalah kamu malu dan nyoba gitarnya cuma sebentar sebentar dan gak maksimal. Percayalah, memilih gitar untuk dibeli hampir sama dengan dengan memilih istri untuk dinikahi, karena kalau kamu salah pilih gitar dan ternyata gak enak, kamu bakal nyesel banget. Maka, coba dan explore juga test semua fitur gitarnya dengan teliti. Memang butuh waktu lama, jadi gak usah kikuk dan grogi pada si penjual. Ingat, pembeli adalah raja. Berlama lama lah asal akhirnya kamu jadi beli :D.

Demikian sedikit saja tips memilih gitar baru untuk kamu beli. Siapkan apa saja yang perlu kamu check nantinya saat tiba di toko musik tujuan kamu. Catat dulu biar gak lupa. Rencanakan dengan baik dan semoga kamu mendapatkan gitar yang benar benar layak mendampingi kamu.

Terima kasih sudah membaca hingga tuntas tips membeli gitar baru dari musisi.org. Semoga bermanfaat. Jika suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk like atau share. Salam musisi Indonesia.

Incoming search terms:

  • cara membeli gitar di studio
  • tips membeli gitar custom
  • baru pertama gitar listrik bingung
  • jika mau beli gitar apanya yg harus dilihat
  • membeli gitar custom?
  • saya mau beli gitar tapi bingung mau beli yang mana
  • tips beli gitar listrik custom
  • yang harus dilihat pada saat membeli gitar

Tags: #cara memilih gitar akustik yang bagus #cara memilih gitar baru #cara memilih gitar elektrik yang bagus #catatan #chord progression #fret #gitar #lagu #neck #tips #tips membeli gitar baru #tips memilih gitar #toko musik #tremolo

author
Author: 
    software gitar akustik Spicy Guitar
    software gitar akustik Spicy Guitar
    Spicy Guitar  adalah software gitar akustik gratisan
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson.
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print.
    1. author

      Muzay3 years ago

      waahh makasih banget bang infonya. sangat-sangat membantu 🙂 iya bener banget tuh, aku udah punya gitar tapi kualitasnya jelek :'( jadi nyesel udah beli tuh gitar.

      Reply
    2. Serunya punya gitar elektrik fender stratocaster usang | musisi.org2 years ago

      […] 8 Tips memilih gitar baru         Cara memilih gitar akustik Tips membuat gitar custom     Tempat pesan gitar custom […]

      Reply

    Leave a reply "8 Tips membeli gitar baru"

    Must read×

    Top