11 trik untuk menyanyi sambil memainkan gitar bersamaan

In Gitar

11 trik untuk menyanyi sambil memainkan gitar bersamaan. Musisi.org. Apakah kamu adalah salah satu gitaris yang berjuang mati matian agar bisa mengkoordinasikan tangan dan vocalmu bersamaan? yaitu bernyanyi sambil memainkan gitar? kamu mungkin saja dapat mengiringi menggunakan gitar dengan teman mu yang sedang bernyanyi, artinya kamu memainkan gitarnya sedangkan temanmu yang lain menyanyikan lagunya. Itu sih mudah. Juga, mungkin kamu dapat menyanyi dengan enak dan santai, sedangkan temanmu yang lain yang mengiringi menggunakan gitar. Namun, bisakah kamu menyanyi sekaligus memainkan gitar? ya.. memang banyak orang yang bisa melakukannya dengan baik, lihat saja para pengamen. Namun, itu tidak berarti semua bisa, kamu bisa jadi salah satu yang bermasalah dalam hal ini dan tidak bisa menyanyi sambil bermain gitar.

Pertanyaannya, apakah skill menyanyi sambil main gitar tersebut dapat dilatih? secara optimis, tentu bisa kan.. Nah, pada kesempatan ini musisi.org ingin sedikit mengulas trik trik dan cara tersendiri yang unik dan mungkin belum kamu coba sebelumnya agar kamu bisa menyanyi sambil memainkan gitar bersamaan. Trik trik yang akan disajikan meliputi aspek kejiwaan dan aspek fisik. Simak baik baik yuk..

11 trik untuk menyanyi sambil memainkan gitar bersamaan

Aliv Faizal M

Photo saya lagi main gitar 😀 ha ha ha..

1. Menyetarakan genjrengan gitar atau strumming dengan rhythme nyanyian.

Seperti halnya para pemain piano yang bisa mensejajarkan dan menyeimbangkan permainan jari jari pada tangan kanan dan tangan kirinya secara bersamaan saat memainkan piano dimana jari jari pada tangan kiri memainkan nada rendah atau bass, sedangkan jari jari pada tangan kanan memainkan nada melody karena memang oktafnya lebih tinggi, mereka juga kadang ada yang bisa sambil menyanyikan lagu. eh bukan ada sih, tapi banyak 😀 ha ha ha.. mereka mencoba melatih menyeimbangkan rythme permainan sehingga akan mudah disatukan agar tidak ada konflik pada saraf diotak sehingga permainan bisa saling simultan dengan baik tanpa harus tersendal sendal. Hal ini juga terjadi pada pemain drum dimana semua anggota fisik untuk main musik yaitu kedua tangan dan kedua kaki bergerak semua mengisi masing masing ketukan pada temponya secara bersamaan namun bisa dilakukan. Kalau kamu pernah belajar bermain drum, mestinya kamu bisa merasakan bagaimana sulitnya memainkan drum karena otak kamu belum bisa mengendalikan gerakan keseimbangan tangan dan kaki sehingga tercipta permainan drum yang indah.

Nah, ketahuilah, rahasianya adalah bukan bermain bersamaan. Kalau bermain bersamaan tidak akan tercipta ketukan dan rhythme yang indah. Teknik yang digunakan adalah saling mengisi masing masing tempo dan ketukan yaitu penyesuaian antara timing tempo tangan kiri, kanan, kaki kiri, dan kaki kanan secara bergantian dan kadang besamaan sesuai tempo dan rhythme nya.

Aplikasinya terhadap permainan gitar sambil menyanyi adalah pertama, kamu harus mengenali dengan baik rhythme lagunya, baru kamu sesuaikan dengan rhytme genjrengan atau strumming gitar. Baru deh bisa selaras, saling mengisi, dan akhirnya menyanyi sambil bermain gitar bisa dilakukan. Jika satu aja diantara dua itu tidak kamu kuasai dengan baik, maka menyanyi sambil main gitar tidak akan bisa kamu lakukan.

2. Pilih Lagu dengan Rhythm yang simple sederhana, jangan yang membingungkan.

Pemilihan rhythm lagu yang tepat juga menentukan kesuksesanmu dalam menyanyi sambil main gitar. Jangan memilih lagu yang rhytme nya jauh lebih susah atau melampaui kemampuanmu saat itu. Pilih yang sesuai kemampuan. Kalau kamu pemula, jangan coba coba main lagunya dream theater 😀 bisa frustasi kamu nanti. Kamu cukup mainkan lagunya peterpan. Ini bukan berarti kalau lagunya peterpan mudah lho ya, kalau skill kamu sebenarnya adalah memainkan lagu balonku ada lima, maka lagunya peterpan otomatis akan jadi lagu sulit buat kamu. Yang perlu diingat adalah trik no.2 ini sangat bergantung pada trik no.1

3. Kuasai kunci dahulu

Kalau ingin menyanyi sambil memainkan gitar, pastikan kamu sudah kuasai betul cara memegang kunci yang kamu gunakan pada lagu yang kamu nyanyikan. Misalkan lagu yang kamu nyanyikan terdapat kunci B7, tetapi kamu masih belum hafal betul bagaimana posisi kunci B7, maka menyanyi sambil main gitar adalah impossible.

Dan sebenarnya, hafal posisi kunci B7 saja tidak cukup, Fisik, dalam hal ini jari kamu, harus dapat memencet letak fret fret yang dibutuhkan untuk menghasilkan bunyi kunci B7 dengan tanpa melihat dan dapat dilakukan dengan cepat. Selain itu, kamu juga harus dapat melakukan perpindahan dari dan menuju cord lain dari atau ke B7. Jika masalah perpindahan cord ini belum kamu kuasai, maka menyanyi sambil memainkan gitar juga akan impossible karena kamu pasti akan berhenti sejenak untuk berfikir dan menggunakan otak kamu untuk mengarahkan gerakan saraf jari jari kamu untuk melakukan aksi pindah cord satu ke cord lainya. Kalau sudah gitu, terjadilah pause diamana kamu berhenti bernyanyi untuk bisa berkonsentrasi pada perpindahan kunci.

Hafalan bentuk kunci dan posisi kunci, memegang kunci, dan perpindahan kunci harus diluar kepala! Belum tahu berbagai macam kunci gitar? Baca dulu:

gambar kunci dasar gitar
Gambar kunci gitar lengkap untuk pemula siap print

4. Latihan genjrengan / stumming dengan metronome.

Agar kamu menguasai permainan gitar khususnya dalam hal tempo, timing, dan rhythm; maka sebaiknya kamu mulai berlatih menggunakan metronome. Berlatih memainkan gitar baik latihan main melody maupun latihan strumming menggunakan metronome memang awalnya terasa kaku dan terlalu terpaku pada alat ketukan. Namun, jangan heran ya, kalau kamu mau latihan disiplin dengan menggunakan metronome, misal kamu latihan pakai metronome selama 10 menit saja setiap harinya, maka selam seminggu kamu akan jago dalam hal rhythm dan tempo.

Effet positif dari berlatih menggunakan metronome sangat banyak sekali. Diantaranya adalah kamu akan menguasai diri kamu sendiri serta saraf tubuh kamu yang berkaitan dengan saat permainan gitar. Kemudian, kamu siap melakoni rekaman di studio rekaman bro! eh kok bisa? iya lah.. kalau mau rekaman gitar untuk membuat musik dalam format band misalnya diamana permainan gitar kamu akan dimixing dengan instrument lain seperti bass dan drum, maka kemampuan menggunakan metronome menjadi kunci utama dan hal yang paling wajib untuk kesuksesan produksi rekaman musik yang kamu lakoni. Kalau kamu gak bisa menyesuaikan tempo permainan gitar kamu dengan ketukan metronome, maka lupakan semua impian kamu untuk rekaman di studio rekaman untuk menghasilkan karya musik. (kalau ingin rekaman dengan harga murah, Baca: Paket Home Recording murah.)

Mengapa harus sama dengan ketukan metronome? ya karena hasil rekaman gitar kamu akan digabung dengan instrument lain. Nah, kalau temponya gak sama, kan bisa jadi tabrakan nanti suaranya.

Lalu apa kaitannya dengan menyanyi sambil main gitar? Lagi lagi adalah untuk penguasaan tempo seperti yang dijelaskan pada no.1. Sudah punya metronome? kalau belum punya, baca dulu: http://musisi.org/download-aplikasi-metronom-android/

5. Kuasai cara memainkan lagunya atau melakukan genjrengan nya.

Agar bisa menggabungkan permainan gitar dengan nyanyian kamu sendiri, maka kamu harus hafal diluar kepala cara genrengan gitar dari lagu yang kamu nyanyikan. Kuasai dulu, latih berkali kali. Nah untuk mengetahui bahwa kamu menguasai betul permainan gitarnya adalah kamu bisa memainkan gitar untuk lagu tersebut meskipun sambil baca buku, sambil nonton tv, bahkan sambil diajak ngobrol teman. Kalau itu sudah bisa kamu lakukan, maka kamu benar benar menguasainya dan tentunya akan mudah bila sambil menyanyikan lagunya dan kamu bawakan sendiri sambil bermain gitar.

6. Kuasai syarir dan lagunya juga terlebih dahulu.

Untuk bisa menggabungkan permainan gitar dan nyanyian secara bersamaan, selain fokus pada permainan gitar dulu seperti yang dijelaska pada trik nomor 6, maka kamu juga harus menguasai diluar kepala syair atau lirik lagu besera notasi lagunya. Caranya, ya nyanyiin aja tuh lagu dimana aja dan kapan saja, saat mandi, saat lagi elus elus kucing piaraan kamu, saat lagi berbaring, saat mau tidur, dan kapan saja. Tapi tentunya tidak sekedar nyanyi ya, tapi juga hafal betul nada nadanya.

Nah, kalau dari sisi lagunya, yaitu meliputi syair dan nadanya serta penggalan penggalan bagian lagunya sudah dikuasai, maka kam siap melakukan sinkronisasi permainan gitar dengan nyanyian vocal.

7. Bergumam sambil mainin gitar

Sebelum kamu benar benar menggabungkan nyanyian (full nada lagu dan lirik/syair) maka sebainya kamu gabungin dulu permainan gitar dengan gumaman lagu yang dinyanyikan, yaitu hanya melodinya saja, tapi tidak usah liriknya. Ini tujuannya adalah melatih posisi nada nada lagu berupa melody yang diwakili oleh gumaman tersebut dengan cord cord yang dimainkan dalam lagu tersebut.

Kalau kamu sudah nyaman memainkan gitar dengan melody lagu dengan gumaman, maka kamu siap menyanyikan dengan lirik lagunya.

8. Pelan pelan dulu main gitarnya biar lancar ya..

Meskipun kamu sudah menguasai permainan gitar lagu tersebut, mulai hafal kuncinya, memegang kuncinya, sampai pindah kunci, dan juga menggabungkan gumaman dan lagu lengkap dengan liriknya, bukan berarti kamu bisa melakukannya dengan cepat segera. Pelan pelan saja dulu agar permainan penggabungan keduanya bisa menyatu dengan utuh agar tidak terjadi kesalahan kesalahan kecil yang menyebabkan permainan tidak bersih.

9. Latihan nyanyi pakai petikan gitar

Kalau kamu sudah bisa bernyanyi sambil menggenjreng / strumming gitar, agar lebih lengkap dan sempurna, kamu sepertinya harus latihan dengan permainan petikan gitar juga.

10. Ganti / pindah kunci dasar.

Untuk memantapkan kemampuanmu menyanyi sambil main gitar, sebaiknya kamu juga latihan ganti kunci dasar. Misal lagu yang kamu nyanyikan kuncinya adalah G, C, D dengan nada dasar G, maka cobalah pindah kunci misalkan A, D, E dengan nada dasar A, atau C, F, G dengan nada dasar C.

Hal ini tujuan dan manfaatnya adalah melatih kemampuan vocal kamu menyesuaikan nada dasar gitar, jadi kamu tidak hanya bisa nyanyi pada kunci dasar C saja, tetapi juga siap pindah pindah ke nada dasar lain.

11. Latihan yang sering

Latihan menyanyi sambil memainkan gitar ini bukanlah hal kedengarannya mudah, tetapi akan mudah dengan kesabaran dan latihan rutin. Jika kamu tidak sabar, maka yang akan terjadi adalah kamu akan frustasi dan gagal.

Nah, sepertinya Aliv, si ownner musisi.org ini mulai capek mengetik sepanjang ini 😀 . Para sobat musisi.org, semoga ulasan trik cara memainkan gitar sambil menyanyi seperti yang saya ulas diatas bisa memberikan manfaat. Itu hanyalah share dari pengalaman pribadi saya bermain gitar sambil bernyanyi. Sekedar share aja bahwa dulu saya sempat frustasi gara gara kesusahan memainkan lagunya boomerang yang Kehadiran, sambil main gitar sambil nyanyi. Gak tau kenapa kok susah banget. Tapi saya coba terus, hingga bisa dan bahkan menang lomba nyanyi pakai gitar pada saat masih SMA dulu. Ha ha ha.. ok, segitu saja ya. Terimakasih telah setia berkunjung ke musisi.org. Salam musisi Indonesia.

Tertanda,
Aliv Faizal M
Musisi.org

Incoming search terms:

  • cara nyanyi sambil main gitar (72)
  • cara bermain gitar sambil bernyanyi (66)
  • cara main gitar sambil nyanyi (42)
  • main gitar sambil nyanyi (42)
  • cara bernyanyi sambil main gitar (39)
  • bermain gitar sambil nyanyi (18)
  • cara bermain gitar sambil nyanyi (18)
  • cara bernyanyi sambil bermain gitar (14)
  • teknik genjreng gitar agar suara bersih jring (14)
  • cara menyesuaikan suara dengan gitar (13)
Download Overloud TH 1

Overloud TH 1

Download Simulanalog Marshall

Simulanalog

Download Guitar Rig 5

Guitar Rig 5

Download EZ Drummer

EZ Drummer

Download Studio Devil

Studio Devil

Download Flstudio

FL Studio

Download Amplitube

Amplitube

Download Waves GTR

WAVES GTR

Download Nuendo

Nuendo Portable

Download Presonus Studio One

Studio One

Tags: #11 trik untuk menyanyi sambil memainkan gitar bersamaan

author
Author: 
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson
    Cara membuat model Rongga Lubang Gitar Gibson.
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print
    Cara Membuat Ukulele Berdasarkan Ukuran Blue Print.
    8 Tips membeli gitar baru
    8 Tips membeli gitar baru
    8 Tips membeli gitar baru ini akan
    Mau belajar gitar jazz? pahami dulu kunci/chord jazz berikut
    Mau belajar gitar jazz? pahami dulu kunci/chord jazz berikut
    Mau belajar gitar jazz? pengen bisa memainkan
    Hydrowporus: Band Indie Underground Indonesia Beraliran Slamming Death Metal Dari Banyuwangi
    1. author

      Danny1 year ago

      Bro..

      saya suka music dan juga buat lagu sendiri, saya tertarik dengan paketan yang anda buat ( paket home recording ), saya sdh punya gitar elektrik, digital piano Yamaha dan nb i3 Ram 4 Gb.
      saya mau belajar jadi arranger music dan juga mau buat recording sederhana minimal buat lagu-lagu saya. kira2 alat apalagi yang musti saya gunakan atau adakan, baik hardware dan software ( yang bawaan sound card aja )

      tolong bantu kasih pencerahan yah Bro..makasih

      Reply
      • author
        Author

        musisi1 year ago

        anda berarti butuh soundcard saja, dan mic condenser sama pop filter. Sudah itu aja cukup. Softwarenya ada cubase dan protools SE yang bawaan soundcard, itu juga sudah lebih dari cukup. Jadi gak perlu beli alat macem macem yang tentu bakal kepakai.

        Reply
    2. author

      afaz4 months ago

      keren gan tipsnya, mantab, ngemotivasi banget nih buat saya wkwkwk

      Reply
      • author
        Author

        musisi4 months ago

        sip mas.. semoga dapat segera menciptakan lagu sendiri dan memainkannya dengan alatmusik.

        Reply

    Leave a reply "11 trik untuk menyanyi sambil memainkan gitar bersamaan"

    Must read×

    Top